oleh

UNIBA Madura Kenalkan Ilmu Robotika kepada Siswa SMA Sumenep

Kabarmadura.id/Sumenep-Universitas KH. Bahaudin Mudhari (UNIBA) Madura kembali mengembangkan program robotika. Sasarannya adalah pelajar SMA/MA/ SMK se-Sumenep. Tujuannya, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pendidikan tinggi, khususnya di Kabupaten Sumenep.

Wakil Rektor I UNIBA Madura Agung Purnomo mengatakan, pengembangan program robotika dikonsep dalam seminar dan pelatihan yang deselenggarakan pada Sabtu (11/01/2020). Penyelenggarakan seminar robotika untuk pelajar itu, bertajuk Robomad (Robot Madura): Robot Workshop for Madura High School 2020.

Acara tersebut juga sebagai komitmen UNIBA Madura dalam menghadapi era Industrial Revolution 4.0 dan Society 5.0, yang salah satunya dicirikan dengan otomatisasi robot makin berperan sehingga mengurangi peran manusia dalam dunia kerja.

“Melalui kegiatan ini, UNIBA Madura bermaksud memperkenalkan dan menumbuhkan minat terhadap teknologi robot bagi pelajar SMA/ MA/ SMK se-Sumenep,” katanya, Senin (13/01/2020)

Sementara itu, Dosen UNIBA Madura Ach. Dafid mengatakan, kegiatan Robomod diikuti oleh puluhan siswa dari 11 sekolah di Sumenep. Dirinya, mengaku bangga dan senang bisa berbagi informasi dunia robot kepada pelajari Sumenep.

“Semoga kelak mereka tertarik menggeluti robotika untuk kemajuan Sumenep dan Madura,” paparnya

Acara tersebut diawali dengan pengenalan dasar-dasar robotika dan paparan perkembangan dunia robot. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik pengenalan robot line follower bersama mahasiswa tim robot UNIBA Madura yang beberapa saat lalu memenangkan lomba robot tingkat nasional.

Tak tanggung-tanggung, pelajar peserta langsung praktik dengan 4 robot sekaligus hasil rakitan mahasiswa UNIBA Madura. Siswa asyik mengenal cara kerja robot line follower berserta komponennya, seperti sensor, motor, dan driver. Peta jalur yang dipakai menggukan peta lomba robot Universitas Udayana yang beberapa pekan lagi akan diikuti oleh tim robot Uniba Madura.

“Siswa-siswa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut,” tuturnya.

Peserta dari SMK Siding Puri-Sumenep Siti Rofiqoh mengaku senang berkesempatan ikut acara Robomod. Menurutnya, baru pertama kali mengetahui ada seminar sosialisasi tentang robot untuk pelajar di Sumenep.

“Terima kasih UNIBA Madura, semoga UNIBA Madura semakin jaya ke depannya. Sebab, UNIBA Madura salah satu penimba ilmu pengetahuan,” pungkasnya. (imd/waw)

 

 

Komentar

News Feed