oleh

UNIBA Madura Pelopori Pelatihan Pemandu Wisata Inovasi Desa

Kabarmadura.id/Sumenep-Universitas KH Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura selalu menjadi pelopor di setiap inovasi. Salah satunya, pelatihan pemandu Wisata Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan pemandu wisata yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam pemanduan wisata.

Ketua Tim Pelaksana kegiatan Inkubasi, Nadiyah Masithah Sani mengatakan, pesertanya adalah  kepala Desa Pasongsongan, para investor di Desa Pasongsongan, warga sekitar Pasongsongan dan pengelola Goa Soekarno.

Anggota Tim Pelaksana Kegiatan Inkubasi tersebut melibatkan sebagian mahasiswa dari angkatan 2018, angkatan 2019 dan dari pengurus BEM UNIBA Madura, mereka adalah Adji Nur Wahyudin Ali Imran Fahrudi dan Budi santoso

“Acara ini terus kami tingkatkan, agar potensi ekonomi khususnya di Kabupaten Sumenep terus meningkat,” katanya, Kamis (02/01/2020)

Sedangkan yang bertindak sebagai pemateri adalah Akh. Khairul Anwar yang merupakan pemandu wisata aasl Sumenep yang memang handal dalam pengelolaan wisata dan kegiatan perekonomian lainnya. Khairul Anwar  juga dikenal kerap mengisi di berbagai acara.

Harapannya, kegiatan  untuk pelatihan pemandu wisata tersebut dapat dilakukan berkesinambungan di masa mendatang.

“Semoga kedepan acara terus berlanjut,” paparnya.

Kepala jurusan Akuntansi UNIBA Madura itu juga menjelaskan, banyak tujuan yang harus dicapai pasca acara, salah satunya meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pramuwisata tentang tren pasar wisata dan preferensi wisatawan. Sehingga, mampu memberikan kelayakan yang sesuai dengan keinginan wisatawan.

Selain itu, mampu mengkomunikasikan program pemanduan secara menarik dan dapat meningkatkan arus kunjungan dan wisatawan lama tinggal di Sumenep.

“Semoga di bulan selanjutnya akan dapat melaksanakan kegiatan dalam rangka pengelolaan wisata lagi,” tuturnya.

Materi dalam kegiatan tersebut yaitu pengetahuan umum tentang kepariwisataan, perencanaan pembangunan pariwisata daerah, peran dan peluang pemuda dalam promosi wisata daerah, teknik pemanduan dan pengetahuan pelayanan di bidang pariwisata.

Acara bertempat di objek wisata Waterpark Sumenep itu, dimulai pukul 13.00 WIB hingga usai pukul 16.00 WIB.

Nadiah juga memperkenalkan Adji Nur Wahyudin, mahasiaswa UNIBA Madura angkatan 2018, kemudian Ali imran Fahrudi dari BEM UNIBA Madura angkatan 2018 dan Budi Susanto, mahasiswa  angkatan 2019. Ketiganya dari jurusan manajemen UNIBA Madura.

“Ketiga mahasiswa inklud dalam acara tersebut,” pungkasnya. (imd/waw)

 

 

Komentar

News Feed