oleh

UNIBA MADURA: Produk Desain Solusi Menghadapi Persaingan Bisnis

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Komunitas Radio 107,5 FM Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura menggelar talkshow yang bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya.

Talkshow tersebut menghadirkan bintang tamu dari Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Industri Maritim Emon Rifa’i guna membedah tema ‘Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Desian Produk’.

Kata penanggung jawab Komunitas Radio 107,5 FM UNIBA Madura Humera Asad Ullah Khan, program tersebut memang rutinitas setiap bulan dengan RRI Surabaya.

“Dengan RRI Surabaya, itu kegiatan rutin untuk para dosen UNIBA Madura setiap bulan bergantian,” ungkapnya kepada Kabar Madura, Kamis (19/11/2020).

Dalam keaempatan itu, Dosen di Prodi Teknik Industri Maritim itu menjelaskan, UMKM merupakan roda penggerak perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut, Rifa’i menyampaikan, dalam dunia bisnis memang suatu hal yang wajar ketika memunculkan persaingan. Tak ayal, dia menyarankan agar mempersiapkan dan menghadapi persaingan itu dengan sehat.

“Setiap perusahaan memang dituntut untuk selalu mengerti apa yang terjadi di pasar dan apa yang diinginkan oleh konsumen,” ungkapnya guna memberi stimulus soal persaingan.

Dia pun menyampaikan, produk desain bisa menjadi pembeda dari setiap perusahaan, serta dalam menghadapi persaingan.

Rifa’i mencontohkan, buah pisang yang banyak dijumpai di Madura bisa lebih berharga dengan pengemasan yang terbaik. Itu bisa terlihat antara harga pisang di pasar dengan di super market. Ditambah lagi, ketika buah tersebut diolah nilainya akan bertambah.

“Produk desain itu bisa memberikan keuntungan kepada konsumen dan produsen, serta tentunya untuk pengembangan usaha,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed