oleh

UNIBA Madura Teken Kerja Sama dengan Icon+

Kabarmadura.id/Sumenep-Setelah bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan badan usaha milik negara (BUMN) guna menunjang kualitas pendidikan, kali ini Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura bekerja sama dengan anak perusahaan PLN (Persero), Icon+.

Penandatanganan kerja sama yang berlangsung di UNIBA Madura, Sabtu (8/2), disaksikan sejumlah pihak, baik dari jajaran Icon+, Pemkab Sumenep yang diwakili oleh Sekkab Sumenep Edy Rasiadi dan sejumlah elemen penting lainnya.

Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary, Achsanul Qosasi (AQ) menyambut baik hadirnya Icon+ di Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura. AQ senantiasa memberikan dorongan pada Pemerintah Sumenep untuk juga mendukung proses e-Learning masyarakat desa melalui hadirnya Icon+ di Sumenep.

Tujuannya, agar pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam hal di bidang teknologi informasi (TI) dapat terakomodir dengan konsep yang benar-benar matang. Sebab, selama ini Madura sangat minim jaringan internet atau program yang berbasis TI.

Maka dengan hadirnya anak perusahaan PLN (Persero) yang bergerak di bidang internet itu, bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kerja sama antara UNIBA Madura dengan Icon+ dalam mendukung proses E-Learning masyarakat desa harus benar-benar diperhatikan,” katanya, Sabtu (8/2/2020)

AQ juga menyampaikan, saat ini pemerintah melalui programnya, berusaha menyebarkan internet di semua titik di desa. Harapannya, program pemerintah di bidang internet dimanfaatkan dengan baik dalam rangka membangun desa dan SDM, tidak memanfaatkan program itu secara negatif. Yakni, yang sudah dijalankan oleh pemerintah, harus dimanfaatkan seluas-luasnya untuk rakyat.

“UNIBA Madura akan menjadi tombak utama untuk menggerakkan desa secara modern yang berbasis IT,” ujarnya.

Diterangkan bahwa saat ini, dari 260 juta rakyat Indonesia, sebanyak penduduk Rp77 juta berlangganan PLN. Kemudian terdapat Rp250 triliun dana desa dicairkan pada desa, sehingga dengan begitu seperempat APBN sudah lari ke desa. Maka dari itu, tidak sulit bagi Icon+ untuk masuk ke desa-desa.

Desa-desa bisa dengan mudah mendapatkan layanan internet, termasuk dalam rangka menjalankan program-program melalui dana desa yang ada.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Electricity and Wholesale Business Icon+ Ardian Cholid berterima kasih atas kerja sama UNIBA Madura dengan pihaknya.

Kehadiran Icon+ melalui jaringan internetnya, bisa membangun desa-desa sebagaimana harapan pemerintah. Melalui kerja sama dengan UNIBA Madura, pihaknya hadir di Madura, khususnya Sumenep, untuk memberikan pelayanan.

Harapan besar terhadap UNIBA Madura melalui kerja sama itu, agar Madura menjadi Center of Excellent di Jawa Timur. Bahkan kalau bisa di Indonesia. Kemudian, melalui kerja sama dengan UNIBA Madura, pihaknya ingin turut serta hadir membangun desa melalui jaringan internet.

Sebab, melalui jaringan internet, tidak ada lagi sekat bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas di berbagai bidang, baik SDM di desa maupun di bidang pembangunan.

“Semoga melalui kerja sama ini, membawa manfaat bagi masyarakat di Madura,” tuturnya.

Sejauh ini, UNIBA Madura telah menjalin kerjasama dengan sejumlah Kementerian, antara lain adalah Kementerian Kominfo, Kemendes, Icon+ BPPT, sekitar 10 BUMN serta Perpusnas. (imd/waw)

Komentar

News Feed