oleh

Unik, Masjid Ini Tidak Wadahi Jamaah Perempuan

Kabarmadura.id/Sumenep-Kebanyakan masjid menjadi tempat beribadah kaum pria dan wanita. Berbeda dengan masjid pondok pesantren yang biasanya dipisah antara wanita dan pria.

Akan tetapi, di Dusun Talambung Laok, Desa/Kecamatan Ganding, Sumenep, terdapat masjid yang bernama Nurul Ulum. Masjid tersebut bukan milik pesantren, namun hanya menjadi rumah ibadah kalangan pria.

Tidak sebatas saat menunailan salat Jumat, ketika salat berjamaah lima waktu Zuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh, hanya jamaah pria yang terlihat di masjid tersebut. Begitu juga dengan salat tarawih dan tadarusan di setiap Bulan Ramadan.

“Memang tidak akan melihat perempuan atau wanita di masjid ini. Iya itu, yang dilihat hanya jamaah pria, saat salat lima waktu atau Ramadan kemarin juga seperti itu, termasuk ketika tadarusan dan salat Tarawih,” kata Remaja Masjid (Remas) Nurul Ulum Moh. Adlian H kepada Kabar Madura, Senin (1/6/2020) siang.

Hal itu tidak terlepas dari jamaah wanita setempat memiliki tempat sendiri untuk beribadah, yakni musalla yang letaknya tidak jauh dari masjid tersebut, memiliki nama yang serupa.

Kegiatam salat berjamaah  ataupun tadarusan seperti Bulan Ramadan kemarin, bagi jamaah wanita setempat dilangsungkan di Musalla Nurul Ulum.

“Kalau jamaah wanita itu bukan di masjid ini, tapi di Musalla Nurul Falah itu (sembari menunjuk ke arah musallah yang dimaksud). Mereka juga punya program sendiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Remas Nurul Ulum itu menjelaskan, masjid tersebut terakhir direhab sudah lama. Menurutnya, itu ketika dirinya masih mengenyam pendidikan di taman kanak-kanak atau sekitar 15 tahun yang lalu.

“Kalau rehabnya sudah lama ini masjid, seingat saya terakhir direhab saat saya TK. Iya, sekitar 15 tahun lalu. Memang sudah lama, tapi masih kokoh kelihatannya,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed