oleh

Upacara Bendera HUT RI Digelar secara Sederhana, Hanya Libatkan 3 Paskibrakas

Kabarmadura.id/Bangkalan-Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Akibat adanya Covid-19, perayaan hari kemerdekaan tersebut dilakukan secara sederhana. Pengibaran bendera merah putih hanya akan dilakukan oleh 3 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

“Dengan kondisi seperti ini, untuk tahun ini paskibraka ditiadakan,  sebab pada tahun ini upacara pengibaran bendera merah putih hanya digelar dengan sederhana, hanya sekian orang saja,”  ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Sa’at Asjari.

Ia menambahkan, keputusan tersebut sudah sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19. Ia berharap, meskipun upacara dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi kekhidmatan dalam menghormati hari kemerdekaan.

“Sesuai dengan petunjuk dari atas, upacara pengibaran merah mutih hanya diwakili oleh 3 Paskibraka,” jelasnya Minggu (02/8/2020).

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan seleksi paskibraka. Namun, karena Covid-19, semuanya harus dibatalkan.

“Dengan kondisi seperti ini, walapun kita sudah merekrut calon paskibraka untuk pengibaran bendera kita batalkan, kita hanya mengambil 6 orang. 3 anggota untuk pengibaran bendera dan 3 orang lainnya sebagai cadangan,” jelasnya.

Sementara itu, tempat pelaksanaan upacara dilaksanakan di halaman kantor Pemkab Bangkalan dengan peserta terbatas, tidak diletakkan di alun-alun sebagaimana biasanya. Ada juga yang mengikuti secara daring.

“Untuk upacara bendera ada sebagian yang digelar secara daring, ada sebagian juga yang mengikuti upacara di depan kantor pemkab, tidak di alun-alun sebab biasanya,” jelasnya.

Salah satu Anggota paskibraka  di Bangkalan Fathur Rohim mengatakan, seleksi terhadap paskibraka sebelumnya memang sudah dilakukan. Namun saat ini dibatalkan karena berkaitan dengan Covid-19.

” Sebelumnya kami memang sudah direkrut, akan tetapi kami hanya sebagian saja yang dipilih,” jelasnya. (sae/pai)

Komentar

News Feed