oleh

Upayakan Tetap Efektif, Disdik Pantau KBM melalui Laporan Kinerja Guru

Kabarmadura.id/Sumenep-Di tengah wabah Covid-19, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep memutuskan memperpanjang kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah masing-masing. Untuk itu, pihaknya akan tetap mengupayakan KBM berjalan dengan efektif dengan memaksimalkan laporan kinerja guru.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disdik Sumenep Carto. Menurutnya, perpanjangan tersebut berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Kalau sudah instruksi tentunya kami harus mematuhi, apalagi ini demi kepentingan kesehatan bersama. Tentunya kami akan memaksimalkan meskipun siswa ada di rumah tetapi haknya harus terpenuhi,” katanya, Rabu (22/4/2020).

Carto menegaskan guna untuk memantau aktivitas KBM, maka pihaknya menyediakan from laporan kinerja guru yang disampaikan ke masing-masing kepala sekolah. Setelah itu laporan kinerja itu bisa diupload secara online atau dikirim secara manual lewat pengawas sekolah.

Karena menurutnya, dari ratusan pengawas baik sekolah dasar maupun menengah sudah diberikan kepercayaan untuk mendampingi atau memantau langsung masa proses belajar di rumah.

Apalagi tidak semua sekolah di ujung timur Pulau Madura ini bisa menerapkan sekolah online baik karena siswa tidak mempunyai android maupun sekolah di daerah yang terkendala jaringan sehingga mau tidak mau guru harus kreatif dan bahkan harus keliling ke masing-masing rumah siswa.

“Nah dengan laporan kerja guru itu tentunya bisa kami lihat aktif dan tidaknya sekolah di rumah. Karena kondisinya sekarang sudah menuntut guru dan kepala sekolah untuk mengkonsepnya dengan matang,” imbuhnya.

Jika terdapat kendala atau kesulitan di lapangan, maka guru selain harus aktif berkoordinasi dengan orangtua siswa juga harus berkoordinasi dengan kepala sekolah.

“Dan kepala sekolah berkoordinasi dengan pengawas dan jika tidak menemukan solusi terhadap masalah yang ada maka puncaknya pengawas menyampaikan kepada kami,” paparnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) itu mengimbau agar siswa di rumah tetap harus menjaga kebersihan, jaga jarak, dan memakai masker.

“Kepada para orangtua kami sangat berharap jangan sampai anaknya dibiarkan keluyuran, dampingi, tanyakan ada tugas atau tidak,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed