UPBU Kelas III Trunojoyo Sumenep Perlu Pembenahan untuk Memaksimalkan Penerbangan 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) BUTUH DUKUNGAN: Fasilitas Bandara Trunojoyo Sumenep masih membutuhkan tambahan akses.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Selain tidak ada layanan sementara, penambahan penerbangan Bandara Trunojoyo Kabupaten Sumenep hingga sampai akhir tahun 2021 ini juga ditiadakan. Termasuk fasilitas lainnya. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Trunojoyo Sumenep M Arqodri Arman, Rabu (11/8/2021).

Menurutnya, dua pelayanan selama ini yakni, reguler dan perintis masih terbatas aksesnya. Meski, layanan reguler akan melayani beberapa rute penerbangan seperti, Sumenep-Surabaya dan sebaliknya dengan operator Wings Air. Serta, Sumenep-Bawean, Sumenep-Pagerungan dengan operator Susi Air. 

“Tidak semudah kayak taksi, masih ada regulasi yang harus ada izin rute dulu tidak semua bandara, misalnya dari Juanda yang berizin sementara dari bandara lain tidak serta merta,” ujarnya.

Sementara untuk rute Surabaya-Sumenep pulang-pergi (PP) hingga saat ini terhenti akibat turunnya jumlah pengguna jasa yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19. “Kalau perintis itu kan, disubsidi waktu dan frekuensi termasuk rutenya juga ditentukan, tidak serta merta melakukan penerbangan,” ucapnya.

Bahkan, hingga saat ini hanya  melayani satu penerbangan. Yakni, Lion Air atau Wings Air. Sebab, sejauh ini memang banyak yang harus dibenahi. Sehingga diharapkan, adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, pemerintah serta seluruh pelaku bisnis dan usaha di Madura. Khususnya, Sumenep dalam memaksimalkan penggunaan layanan transportasi udara. 

“Agar layanan yang diberikan oleh operator penerbangan sebagai jasa pengangkutan bisa dilaksanakan berkelanjutan. Harapannya tidak hanya satu maskapai yang tertarik melakukan penerbangan, situasi terluar, tertinggal, ada di pedalaman yang sulit kami akses,” harapnya.  (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *