oleh

UPT Ganding Layani Cetak KK, 3 Lainnya Menyusul

Kabarmadura.id/Sumenep -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep menargetkan, pelayanan percetakan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) dapat dilayani di unit pelaksana teknis (UPT) masing-masing. Hal ini untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil)  melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Wahasah menyampaikan, dari 4 UPT yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, ada 1 UPT yang sudah bisa melayani atau mencetak KK di tempat.

“Ya untuk sementara yang sudah bisa melayani pencetakan KK itu di UPT Ganding, yang melayani Kecamatan Pragaan dan juga Guluk-Guluk,” katanya, Selasa (5/11).

Sementara untuk 3 UPT yang lain masih belum beroperasi, tetapi yang pasti dalam waktu dekat, semua UPT sudah dapat dipastikan untuk memberikan pelayanan di daerah masing-masing, karena memang semua peralatan sudah rampung semua, baik dari alat cetak maupun blanko KK-nya.

“Kayak di kepulauan itu tidak lama lagi, warga sana gak usah ribet-ribet ke sini lagi. Tinggal menunggu yang bertanggung jawab saja yang sekarang lagi diberikan bimbingan. Setelah pulang (petugasnya, red.), langsung beroperasi,” imbuhnya.

Perempuan yang dulunya aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu juga menyampaikan, walaupun setiap UPT sudah bisa mencetak KK di daerahnya masing-masing, tetapi tidak berlaku untuk KTP. Hal ini karena blangkonya dari pusat sangat terbatas.

“KIA juga masih belum bisa dilayani di UPT, KTP kan suketnya terbatas. Kalau KIA kami layani di sini karena juga masih ada kendala. Tetapi untuk memberikan kemudahan, kami jemput bola ke sekolah-sekolah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ada 4 UPT yang direncanakan dapat melayani cetak KTP/KK yakni UPT Ganding yang membawahi Guluk-Guluk, Pragaan, dan Lenteng; UPT Ambunten yang membawahi Pasongsongan, Rubaru, Dasuk, dan Batuputih; UPT Gayam melayani Nonggunong, Raas, Masalembu; dan UPT Arjasa yang membawahi Kangayan dan Sapeken. (ara/pai)

 

 

Komentar

News Feed