oleh

Usaha Keras Kakek Nawawi untuk Menafkahi Keluarga

Lebih Baik Berusaha Ketimbang Meminta

Kabarmadura.id/Bangkalan-Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Ungkapan tersebut benar-benar menjadi falsafah hidup Kakek Nawawi, warga Desa Jengkar Tanah Merah Bangkalan. Meski telah berusia senja, 58 tahun, ia tetap memilih bekerja keras untuk menafkahi keluarga dan 4 orang anaknya ketimbang menengadahkan tangan meminta-minta.

MOH SAED, BANGKALAN

Kakek Nawawi biasa dijumpai di pinggiran jalan di Kota Bangkalan. Setiap hari ia berangkat dari Tanah Merah ke Kota untuk menjajakan barang dagangannya berupa mainan anak dan perabotan rumah tangga. Ia biasanya mempromosikan dagangannya kepada pengendara yang melewatinya.

“Sayang anak, sayang anak, sayang anak,” katanya dengan suara parau.

Selain itu, kakek Nawawi  juga menjual peralatan rumah tangga seperti sapu lantai dan alat untuk mengepel lantai. Kecuali hari Jumat, setiap hari kakek 4 anak tersebut.  Pada hari Jumat dirinya mengaku sengaja tidak berjualan karena waktunya Salat Jumat yang tidak bisa diganggu dengan pekerjaan lain.

Selain itu, ia juga rajin salat berjamaah dan puasa Senin-Kamis. Karena baginya, pekerjaan tidak boleh sampai melupakan Allah sang pencipta.

“Boleh kita semngat dalam bekerja untuk mencari nafkah. Namun, jangan sampai lupa kepada yang telah menciptakan kita,” ungkapnya.

Ia menambahkan, manusia jangan terlalu mengikuti keinginan perut dan duniawi saja. Jiwa juga perlu ibadah untuk bekal kita kelak. Menurutnya, perlu ada keseimbangan antara jiwa dan dunia. Karenanya, ia tidak ragu untuk terus mempromosikan dan menjual dagangannya dengan penuh semangat, sembari terus menjalankan ibadah baik yang wajib mauppun yang sunnah.

Sebelumnya kakek tua itu pernah bekerja sebagai kuli  bangunan dengan mengelilingi kota. Dirinya mengaku pernah menjadi pekerja bangunan di Pamekasan, Sampang & Surabaya. Ia memang sudah terlatih untuk bekerja keras demi 4 orang anaknya yang saat ini belajar di pondok pesantren. (km50/pai)

Komentar

News Feed