oleh

Usai Salat Zuhur, Biasakan Siraman Rohani

Kabarmadura.id/Pamekasan-Tepat pukul 11.32 WIB, toa di Masjid An-Nur Desa Kramat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan menggema dengan suara azan. Itu tanda waktu salat Zuhur, Senin (13/7/2020) siang. Perlahan-lahan, jamaah dari masyarakat sekitar berdatangan.

Tidak lama kemudian, ikamah dikumandangkan untuk bersiap memulai salat berjamaah. Usai salat berjamaah, seperti biasa imam dan jamaah zikir sebelum doa.

Bedanya, usai memanjatkan doa setelah salat berjamaah, imam saat itu Ahmad berbalik badan sembari memegang kitab. Dia pun memulai siraman rohani.

Tokoh masyarakat yang familiar disapa Bapak Farhan itu, sesuai dengan nama putranya membahas keutamaan salat Subuh berjamaah. Ditambah lagi, jamaah menunggu hingga waktunya salat Duha.

Bahkan, dia mengibaratkan, salat Subuh berjamaah itu lebih mulia ketimbang bumi yang ditempati manusia ini.

Lebih lanjut, Bapak Farhan mengingatkan, umur manusia tidak dapat diketahui. Dia mengatakan, masih muda sudah dipanggil Sang Pencipta.

“Kami semua harus fokus terhadap akhirat, jangan mementingkan duniawi. Dunia ini lebih istimewa salat Subuh berjamaah, apalagi sambil menunggu waktu salat Dluha,” tuturnya kepada Kabar Madura, usai memberikan siraman rohani.

Di samping itu, Bapak Farhan menyampaikan, rutinitas siraman rohani itu berjalan setiap usai salat Zuhur berjamaah, namun tidak diwajibkan. Jamaah yang hendak pulang tidak masalah.

Dijelaskannya, itu tidak terlepas, ibadah dengan mengetahui ilmunya bakal lebih sempurna. Bahkan, dia mencontohkan, rasa masakan yang dimasak oleh orang tahu resepnya bakal berbeda dengan asal memasak.

“Setiap Zuhur diadakan penyegaran. Karena apa? Kita tidak bisa sempurna ibadah kecuali punya ilmunya ibadah. Maka diadakan taklim setiap bakda Zuhur,” sambungnya.

Selain itu, Bapak Farhan menyampaikan, kegiatan di Masjid An-Nur tidak sebatas salat berjamaah lima waktu, salat Jumat, dan siraman rohani. Akan tetapi, setiap malam terdapat anak-anak sekitar yang mengaji.

“Kalau malam biasanya banyak anak-anak yang mengaji di sini,” tambahnya terhadap program di masjid tersebut. (idy/nam)

Komentar

News Feed