oleh

Usulan Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Tinggal Tunggu Hasil Penelitian

KABARMADURA.ID, Bangkalan –Sejak tahun 2018 lalu, KH Muhammad Kholil atau lebih dikenal Syaikhona Kholil Bangkalan, diusulkan menjadi tokoh pahlawan nasional. Bahkan usulan tersebut telah disetujui oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Namun, proses pengusulan nama Syaikhona Kholil yang ditarget selesai bulan ini, belum bisa terlaksana.

Sebab, masih ada tahapan berkas yang harus diselasaikan. Berkas tersebut adalah hasil penelitian mengenai perjuangan Syaikhona Kholil.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bangkalan Wibagio menyampaikan, semua berkas telah ada. Termasuk surat keterangan dari gubernur.

“Tahapan saat ini masih pengunpulan data untuk penelitian yang dilakukan oleh Balitbangda Bangkalan. Kalau berkas lainnya sudah lengkap,” ujarnya, Selasa (10/11/2020).

Masih menurut Wibagio, target penelitian kapan akan selesai merupakan tugas dari Balitbangda. Pihaknya mengaku, hanya mengusulkan.Akhir tahun 2020 ini ditargetkan bisa segera selesai. Sehingga pada 10 November 2021 nanti, Syaikhona Kholil telah bergelar pahlawan nasional.

“Yang jelas, pengusulan dari yang bersangkutan, yakni ahli waris, sudah menyetujui,” ungkapnya.

Selain itu, tahapan dari Dinsos telah dikuatkan dengan surat keputusan (SK), kemudian dari hasil penelitian nanti, akan diseminarkan dan diterima, lalu diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Setelah itu, baru akan diangkat ke Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kendala belum ada, karena ahli waris atau pengusulnya, berkasnya sudah lengkap,” tuturnya.

Sementara itu, dalam momen hari pahlawan ini, Wakil Bupati Bangkalan Moh. Mohni menyampaikan agar proses pengajuan ini segera diselesaikan. Kata dia, saat ini pemerintah Kabupaten Bangkalan tengah menyusun naskah akademiknya.

“Itu sudah dipersiapkan, karena dukungan dari bupati se-Madura dan tokoh agama di Madura telah mendukung. Jika sudah siap, langsung akan kami bawa ke Jakarta dengan pengantar dari gubernur,” jelasnya.

Dia berharap, tahun depan usulan tersebut bisa segera direalisasikan. Sehingga nantinya, Syaikhona Kholil  bergelar pahlawan nasional dari Madura.

“Semoga bisa tahun depan dengan ditetapkan menjadi pahlawan nasional melalui surat keputusan dari presiden,” pungkasnya. (ina/waw)

 

Komentar

News Feed