oleh

UTM Gelar Tafaqquh Fiddin, Fokus Tanam Pendidikan Karakter Mahasiswa

KABARMADURA.ID, Bangkalan -Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan pembukaan kegiatan tafaqquh fiddin secara virtual di lantai 4 gedung Rektorat UTM, Minggu (18/10/2020).

Dalam acara pembukaan, turut hadir Wakil Rektor (Warek) III UTM Agung Ali Fahmi, Dekan Fakultas Keislaman Shofiyun Nahidloh, serta perwakilan dari mahasiswa.

Kegiatan Tafaqquh Fiddin merupakan bagian dari kegiatan kemahasiswaan yang memprogram mata kuliah umum (MKU) Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Jadi ini wajib diikuti, karena kelanjutan materi praktik dari MKU PAI,” kata Dekan Fakultas Keislaman sekaligus koordinator MKU PAI Shofiyun Nahidloh, Minggu (18/10/2020).

Wanita dengan sapaan Shofi ini menyatakan, kegiatan itu diselenggarakan setiap semester diikuti mahasiswa yang memprogram MKU PAI.

“Ketika memprogram MKU PAI berarti mahasiswa wajib mengikuti Tafaqquh Fiddin karena bagian dari laboratorium PAI,” jelasnya.

Tujuan dari kegiatan tafaqquh fiddin adalah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada mahasiswa.

Kegiatan ini sudah dikemas dengan berbagai materi pendidikan karakter. Seperti pembentukan kepribadian, ibadah, pembacaan Alquran maupun amaliah yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelaksanaannya, dosen didampingi oleh beberapa mentor. Tugasnya untuk mendampingi mahasiswa untuk berdiskusi.

“Jadi di kegiatan ini kami telah persiapkan dosen PAI yang didampingi beberapa mentor. Yang sudah dipersiapkan 50 mentor, kalau pesertanya kurang lebih 2.000 mahasiswa untuk semester gasal,” tambahnya.

Lebih lanjut Shofi menyampaikan bahwa kegiatannya dilakukan secara virtual, baik pembukaan maupun pelaksanaannya. Untuk pelaksanaannya menggunakan google classroom.

“Ini kan kelanjutan dari MKU PAI sehingga dosen PAI nya yang harus mengawal pelaksanaanya,” terangnya.

Sementara itu, Warek III UTM Agung Ali Fahmi mengatakan kegiatan yang telah didesain sedemikian rupa itu. Agar mahasiswa memahami tentang bagaimana bernegara yang baik, beragama yang rahmatan lil alamin sesuai dengan visi dan misi UTM.

“Menanamkan karakter amanah, peduli dan kreatif (APIK). Sumber agama APIK ini bagaimana agar civitas akademika dan alumni mampu mewarisi nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bernegara dengan dilandaskan pada pemahaman agama yang baik dan benar,” tandasnya. (km56/waw)

Komentar

News Feed