Vaksinasi Ibu Hamil Dibatasi Usia Kandungan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) VAKSINASI: Dinkes Pamekasan sudah menyiapkan vaksin bagi ibu hamil.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan sudah memperbolehkan untuk pemberian vaksin kepada  ibu hamil sejak 2 Agustus 2021 lalu. Keputusan tersebut sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) HK.02.01/2007/2021 tentang vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian screeaning dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan Dr. Nanang Suyanto, untuk proses vaksinasi kepada ibu hamil  berlangsung sejak 2 Agustus lalu di masing-masing puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan.

Bacaan Lainnya

“Sudah kami sampaikan ke puskesmas bahwa regulasi tentang vaksinasi kepada ibu hamil sudah dilaksanakan,” paparnya, Kamis (5/8/2021).

Sementara jenis vaksin yang direkomendasikan yaitu Sinovac, Moderna, dan Pfizer. Di Pamekasan sendiri menggunakan jenis Sinovac. Selanjutnya, bagi ibu hamil yang ingin divaksin bisa langsung mendatangi pusat layanan kesehatan (puskesmas) secara mandiri.

“Jadi mengalokasikan tersendiri bagi ibu hamil. Sedangkan untuk vaksin di dinkes sudah didistribusikan kepada puskesmas,” urainya.

Kendati demikian, untuk pemberian vaksin kepada ibu hamil dibatasi dengan usia kandungan minimal 14-33 minggu, karena untuk memastikan kesehatan janin dan ibu hamil.

“Ada persyaratan khusus bagi ibu hamil, itu nanti di kartu screening-nya tertera, misalnya tidak bengkak, saya tidak hafal satu satu, itu formatnya ada,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinkes Pamekasan, untuk jumlah ibu hamil sebanyak 2.871 orang, yang paling banyak berada di Kecamatan Tlanakan Pamekasan dengan jumlah 249 orang. Namun, sebelum divaksin sudah dilakukan screening. Jika dinyatakan layak, maka akan divaksin, jika sebaliknya, maka secara otomatis disuruh kembali sesuai dengan arahan nakes..

“Tetap di-screening seperti vaksinasi pada umumnya,” tukasnya. (rul/maf)

  • Jumlah ibu hamil: 2.871 orang
  • Jumlah ibu hamil paling banyak di Kecamatan Tlanakan: 249 orang
  • Pemberian vaksin dibatasi usia kandungan 14-33 minggu
  • Vaksinasi dilaksanakan di puskesmas di 13 kecamatan
  • Akan dilakukan screening sebelum divaksin

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *