oleh

Validasi Penambahan 6 Ribu KPM PKH

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Sosial (Dinsos) Sampang mendapatkan kesempatan untuk melakukan penambahan kouta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Pasalnya, pada 6 Juli lalu di Kota Bahari dapat melakukan penambahan KPM PKH sebanyak 6.177 KPM. Adapun penambahan tersebut disebabkan adanya target Kementerian Sosial (Kemensos), bahwa KPM PKH di Indonesia sebanyak 10 juta KPM.

Koordinator PKH Kabupaten Sampang, Nanang Muldianto menuturkan, pada tanggal 6 juli 2020 di Sampang mendapati kouta penambahan KPM PKH sebanyak 6.177 dan sudah divalidasi. Penambahan ini dilakukan karena di Indonesia ditarget KPM PKH ini sebanyak 10 juta.

Ditambahkan, sebelumnya KPM PKH di Sampang ini sudah ada penambahan yang diambilkan dari peserta BPNT oleh Kemensos. Namun, penambahan tersebut tanpa pemberitahuan ke Dinsos Sampang. Sehingga ia mempredikasi secara otomatis penerima BPNT yang memenuhi syarat lambat laun akan meneria PKH.

“Saat ini, ada penamabhan KPM PKH sebanyak 6.177, dan ini sudah ketentuan dari pusat. Dan sebelumnya sudah ada perluasan KPM PKH tapi diambilkan dari peserta BPNT jumlahnya 352,” ungkapnya, Selasa (11/8/2020).

Adapun KPM PKH yang sudah digraduasi, artinya proses pemberhentian kepesertaan PKH, dan banyak KPM yang tidak punya komponen, bahkan sudah jadi orang tidak mampu untuk menerima bantuan tersebut saat ini sudah mencapai 15,955 KPM.

Selain itu, untuk jumlah PKH di Sampang yang masih elijebel sebanyak 81,236. Dan jumlah tersebut termasuk dari jumlah penambahan, jumlah ini tersebar di Kabupaten Sampang.

“Untuk jumlah PKH di Sampang yang eljibel total. 81.236, Yang non elijibel ada 15,955, berarti totalnya 97.191 ketika dijumlah dengan non elijibel,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Forum Mahasiswa Sampang Arifin menuturkan, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa, hanya saja dengan adanya penambahan KPM PKH ini kemiskinan di Sampang bisa berkurang. Terpenting lagi baginya, program tersebut tepat sasaran.

“Jika KPM PKH ini tepat sasaran, artinya penerima memang layak untuk menerima maka, kemiskinan diSampang akan mengurang,” singkatnya.(mal/mam)

Komentar

News Feed