Verifikasi Belum Tuntas, Data Penerima Bansos Mengacu pada Data Oktober 2020

  • Whatsapp
KM/KHOYRUL UMAM SYARIF- VERIFIKASI BELUM TUNTAS: Data penerima bantuan sosial Dinsos Pamekasan masih mengacu pada data bulan Oktober 2020.

Kabarmadura.id-PAMEKASAN-Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan belum menerima hasil verifikasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Sebab itu, data penerima bantuan sosial tahun 2021 masih mengacu pada data bulan Oktober 2020.

Kepala Dinsos  Pamekasan Moh. Tarsun mengutarakan, data yang digunakan saat ini masih mengacu kepada hasil verifikasi DTKS tahun 2020, karena untuk meminta hasil akhir dari verifikasi terakhir  DTKS, pihaknya  akan berkirim surat kepada Kemensos. Sehingga data yang digunakan untuk penyaluran berbagai bansos bisa menggunakan data terbaru.

“Jadi, kami masih memakai data Oktober  tahun 2020 sebagian besar. Ada sebagian data yang diusulkan itu. Jadi kami masih belum punya datanya yang fix,” paparnya, Minggu (12/9/2021).

Secara terperinci, untuk data warga yang masuk di DTKS per Oktober 2020 sebanyak 138.609 rumah tangga, yang terdiri dari 5 kategori; yakni sangat miskin 74.398 , miskin 36.938, hampir miskin 17.844, rentan miskin 8.796, sejahtera 633. Sedangkan jika dihitung dari jumlah jiwanya, ada 472.203 jiwa.

“Kami sudah melakukan update yang sudah diterima oleh Kemensos. Cuma kami masih belum menerima datanya lagi, jadi untuk penerima bansos kami tergantung kepada Kemensos,” tuturnya.

Sementara itu, ia menambahkan, warga yang meninggal tetapi tetapi mengklaim bansos tersebut, maka akan diketahui oleh sistem dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

“Jadi, kemarin itu selain ada perbaikan DTKS, juga ada perbaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Jadi kalau di Dukcapil sudah dinyatakan meninggal, pasti akan muncul meninggal, karena data di Kemensos sudah dikerjasamakan dengan Dukcapil,” pungkasnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *