oleh

Verifikasi Hibah Ponpes dan Masjid Senilai Rp5 Miliar Terkendala Covid-19

Kabarmadura.id/Pamekasan-Sebanyak 200 pondok pesantren, masjid dan yayasan di Pamekasan akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.  Total anggaran dana untuk bantuan tersebut, sebagaimana disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (sekdakab) Pamekasan, Achmad Zaini, sebesar Rp5 miliar.

“Semuanya bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)  tahun 2020.  Program ini tidak termasuk program yang direalokasi, makanya tahapannya tetap dilanjutkan,” ungkap Zaini.

Nominal bantuan untuk pondok pesantren dan yayasan, masing-masing sebesar Rp20 juta, sementara nominal bantuan untuk setiap masjid sebesar Rp10 juta.

“Saat ini, prosesnya masih berjalan, total jumlah lebih dari 200, pondok pesantren, yayasan, dan masjid. Tahapan saat ini adalah tahapan verifikasi,” ungkapnya, Kamis (16/4/2020).

Bantuan yang akan disalurkan kepada pondok pesantren, yayasan dan masjid di Pamekasan tersebut, imbuh Zaini, akan berbentuk dana hibah yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan penerima, sepanjang sesuai dengan peraturan teknis yang akan diatur dalam peraturan bupati Pamekasan.

“Nanti ada perbup tentang pemberian hibah. Jika sudah selesai perbupnya,  pasti akan disegerakan, karena saat ini sangat dibutuhkan oleh calo penerima,” ungkapnya.

Menilik dari proses verifikasi calon penerima, Zaini memperkirakan, pendistribusian bantuan tersebut diperkirakan baru bisa dicairkan pada bulan Juli mendatang. Namun, tegas Zaini, jika perbup proses verifikasi dan kelengkapan persyaratan dari calon penerima lengkap bisa lebih cepat.

“Kalau melihat dari kalender perencanaan, seharusnya Juli sudah bisa didistribusikan. Karena adanya wabah Covid-19, kami masih belum memperkirakan pastinya. Apakah akan maju atau mundur karena adanya keterlambatan persyaratan dan verifikasi. Tahapan itu, semestinya bulan ini sudah final, tapi kami akan berupaya agar bisa selesai akhir bulan ini tahapan verifikasinya,” pungkasnya. (rul/bri/waw)

Komentar

News Feed