Vermin Tuntas, KPU Pamekasan Temukan Parpol Masih Berstatus BMS


Vermin Tuntas, KPU Pamekasan Temukan Parpol Masih Berstatus BMS
(M.ARIF/KM.ID) MELAYANI: Petugas di KPU Pamekasan sedang bertugas menunggu laporan dari masyarakat.

KM.ID | PAMEKASAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan telah menuntaskan verifikasi administrasi (vermin) partai politik (parpol). Ditemukan sejumlah parpol calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang masih berstatus belum memenuhi syarat (BMS).

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Pamekasan Moh Amiruddin menjelaskan, status BMS itu disebabkan terdapat keanggotaan ganda, baik di internal maupun eksternal partai yang bersangkutan.

Selain itu, ada pengurus yang berprofesi terlarang undang-undang untuk masuk dalam keanggotaan parpol.

“Semua hasil verifikasi administrasi sudah dilaporkan ke KPU Pusat. Kemudian tinggal di Sipol masing-masing, pasti ada pemberitahuan dari pengurus partai pusat,” ungkapnya kepada KM.ID, Kamis (25/8/2022).

Dijelaskan, KPU Pamekasan masih memberikan kesempatan kepada parpol bersangkutan untuk memperbaiki data keanggotaan.

Sementara untuk daftar parpol yang masih harus memperbaiki keanggotaannya, Amir menegaskan, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk mengeluarkan ke muka publik.

“Kalau informasi kami keluarkan, pasti akan dapat teguran dari KPU Pusat. Makanya kami laksanakan sesuai SOP saja,” jelasnya.

Masing-masing parpol di Pamekasan diharuskan minimal mengumpulkan data anggota sebanyak 841 orang. Namun, menurutnya, mayoritas sudah menyetor data anggota lebih dari batas minimal tersebut.

“Sesuai dengan keputusan KPU pusat partai yang menjadi peserta 2024, ada 24 minus PKP,” tambah mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu.

Sejak 16 Agustus 2022 lalu, KPU Pamekasan mulai melakukan verifikasi administrasi terhadap 27.985 dukungan keanggotaan dari total 24 parpol calon peserta Pemilu 2024.

“Saya harap parpol yang masih berstatus BMS untuk segera memperbaiki datanya. Agar bisa menjadi peserta Pemilu 2024, meski penetapan peserta masih 14 Desember nanti,” pungkasnya.

Reporter: KM1

Redaktur: Sule Sulaiman