oleh

Visit Sumenep 2019 Dipastikan Lebih Spektakuler

Kabarmadura.id/SUMENEP-Sebanyak 40 even Visit Sumenep 2019 yang akan dihelat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sepanjang 2019, telah resmi dilaunching pada Senin (10/3). Even tersebut dipastikan akan dilaksanakan dengan profesional untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Bupati Sumenep A Busyro Karim menyampaikan, dibandingkan even Visit 2018, even tahun 2019 menurutnya ada peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas itu, berdasarkan hasil evaluasi pelakaanaan even tahun sebelumnya.

“Even visit tahun 2019 ini, tentunya ada peningkatan kualitas dari sisi penyelenggarannya, juga ada peningkatan dari kunjungan wisatawan dan peningkatan dari hal lainnya sehingga manfaatnya dirasakan semua pihak, tidak hanya di Sumenep, bisa dunia internasional, nasional dan regional,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, kontribusi sektor pariwisata internasional terus meningkat. Begitu juga secara nasional. Kontribusi sektor pariwisata untuk (PRD) di Indonesia yang terus meningkat, karena adanya peningkatan even di berbagai kabupaten. Bahkan penyerapan tenaga kerjanya mencapai 12 juta orang.

“Ini sesuatu yang luar biasa” tuturnya.

Terhadap pagelaran even visit tahun ini, bupati dua periode itu berharap, semua pihak mendukung, baik tahun ini maupun di tahun-tahun berikutnya.

Salah faktor yang kuat dalam even visit, adalah promosi dan pemberitaan. Sebab kendati kegiatannya biasa-biasa saja, jika pemberitaan dan promosinya sangat kuat, maka akan menghasilkan kegiatan yang luar biasa.

“Termasuk dari masyarakat, juga diharap ada dukungan yang riil, bagaimana destinasi wisata terus meningkat dari berbagai sisi. Kemudian secara promosi dan pemasaran harus lebih masif,” ujarnya.

Menurut mantan ketua DPRD Sumenep dua periode itu, kelemahan pelaksanaan even visit di tahun 2018 dari sisi promosi, harus jadi bahan evaluasi.

“Harus menjadi pekerjaan kita semua, ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemkab, tapi masyarakat Sumenep juga ikut serta mempromosikan potensi-potensi yang ada di Sumenep, termasuk promosi even,” tegasnya.

Soal pelaksanaan kegiatan, politisi PKB itu juga menegaskan, pengelolaannya harus profesional. Dengan begitu, akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan membanggakan pula.

“Even ini harus berkelanjutan, tidak boleh berhenti di bulan atau di tahun-tahun yang akan datang. Walaupun terus dipromosikan kalau tidak dilanjutkan, maka akan berhenti,” lanjutnya.

Pasalnya, pagelaran Visit Sumenep 2019 tidak sepenuhnya menggunakan anggaran dari APBD Sumenep. Melainkan ada banyak pihak yang terlibat demi mensukseskannya. APBD Sumenep hanya memberikan porsi 20 persen, sementara 80 persennya dari hasil kreasi dan partisipasi sejumlah pihak.

Mengenai destinasi wisata di Simenep harus diperbaiki, mulai dari faktor pendukungnya, salah satunya adalah akses berupa infrastrukturnya. (ong/waw)

Komentar

News Feed