Visit Sumenep 2019 Fokus Convention Tour

  • Whatsapp
KEMBANGKAN: Pemkab Sumenep terus kembangkan program visit di Kabupaten Sumenep.

Kabarmadura.idSUMENEP-Tahun Kunjungan atau disebut Visit Year 2018 Sumenep, kini berlanjut dan akan ditingkatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, utamanya untuk menunjang kunjungan sejumlah wisatawan ke Kota Keris itu.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olah Raga Disparbudpora Mohammad Iksan menjelaskan, Disparbudpora dalam menjalankan tugas program Visit Years 2018 sudah dilakukan sesuai dengan DPA dan RKA yang telah ditetapkan.

“Diparbudpora dalam rangka untuk menyelesaikan dan melaksanakan visit yang sudah terselenggara pada tahun kemarin itu, sudah sesuai dengan  DPA dan RKA,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Kabid Pariwisata Sumenep Imam Buchari juga menjelaskan, pihaknya butuh saran dan dukungan dari berbagai pihak demi keberlangsungan visit, baik masukan dari mahasiswa dan sejumlah pegiat visit lainnya.

“Kalau aksi mahasiswa itu (kemarin 29/1), bagian dari kritik dan masukan bagi kami dan kritik membantu kami untuk mengetahui yang tidak terlihat dari posisi kami,” terangnya.

Mengenai bahwa daya serap APBD, tahun lalu memang tinggi, termasuk dari sisi penerimaan yang melebihi target dari yang telah disepakati tim anggaran (timgar).

“Dilihat dari sisi penerimaan, kita sukses, termasuk pendapatan asli daerah (PAD),” kata Imam.

Kendati banyak objek wisata yang tidak memiliki tanda daftar usaha pariwisata (TDUP), namun menurutnya, masyarakat sudah banyak mengerti pentingnya wisata.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sumenep Yayak Nurwahyudi memaparkan, program lanjutan Visit Year tahun 2019 akan lebih disemarakkan kembali dengan convention tour.

“Pada tahun 2018 itu starting point, jadi untuk tahun 2019 ini akan disemarakkan lagi, kalau kemarin itu sudah menghadirkan wisatawan, dan pada tahun ini convention tour, itu berupa rapat-rapat yang diselenggaran oleh kementerian dan provinsi, itu bisa di situ untuk diadakan di Sumenep,” paparnya.

Sehinga menurutnya, juga akan sama seperti tahun 2018 dengan menghadirkan wisatawan ke even-even di Sumenep, dan termasuk pengembangannya pada convention tour. Selama ini, Pemkab Sumenep sudah mempersiapkan gedung Adi Poday untuk menampung para wisatawan.

“Ya, kami tahun ini bisa menarik rapat-rapat provinsi atau kementerian agar diletakkan di Sumenep,” ujarnya. (km43/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *