oleh

Wabup: Ini Peran Strategis Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pemadam kebakaran (Damkar) ke-100, HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69,  dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57.

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Bupati Pamekasan dan diikuti seluruh pimpinan OPD serta ASN di lingkungan pemkab setempat itu,  berlangsung khidmat. Wakil Bupati Pamekasan Raja’e memimpin upacara, Senin (18/3) pagi.

Dalam sambutannya, Raja’e menuturkan keberadaan damkar, Satpol PP, dan Satlinmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif. Lebih itu, harus turut berperan aktif dalam proses perkembangan pembangunan.

Selain itu, tambah mantan Kepala Desa Bujur Barat tersebut, ialah melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat. Dengan tujuan akhir, peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Serta turut terlibat aktif dalam mensukseskan agenda nasional bangsa Indonesia,” tegas pasangan Bupati Baddrut Tamam tersebut.

Raja’e menjelaskan peran penting damkar, Satpol PP, dan Satlinmas. Menurutnya, ketiganya tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Ia menuturkan, tugas dari damkar ialah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, serta pengamanan bahan berbahaya yang menyebabkan kebakaran.

“Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran menjadi tugas yang mesti kalian jalani. Serta, penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia,” tuturnya.

Lebih lanjut, wabup juga menyampaikan Satlinmas memiliki peran strategis jelang pemilu, di antaranya menjadi penjaga kerukunan dan perdamaian warga, memiliki fungsi deteksi dan cegah dini kerawanan sengketa atau konflik. Serta, memiliki peran strategis sebagai juru musyawarah dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan di wilayah.

“Sedangkan Satpol PP memiliki peranan penting dalam pembinaan dan penegakan hukum di tingkat daerah, utamanya di Kabupaten Pamekasan,” pungkas Raja’e. (fer/nam/adv)

Komentar

News Feed