oleh

Wabup Motivasi Siswa, Berharap Terus Lanjutkan Pendidikan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi kunjungi Pulau Kangean Kecamatan Arjasa, Kamis (4/4). Kali ini, ia mendatangi sejumlah lokasi guna menemui masyarakat, salah satuhya ke lembaga pendidikan.

Pada saat datang ke lembaga pendidikan, orang nomor dua di Bumi Sumekar itu memberikan semangat kepada siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sedang melangsukgkan ujian nasional (UN).

Diharapkan, UN tidak menjadi beban melainkan harus menjadi penyemangat guna menggapai cita-cita. Sebab melalui UN pula, para anak didik akan belajar melewati rintangan dalam hal pendidikan.

“Kami doakan dan berharap, melalui UN ini bisa menjadi penyemangat untuk mengapai cita-cita. Makanya, UN harus jadi penyemangat untuk menjadi kaum muda yang berpengetahuan tinggi,” tuturnya.

Setelah lulus dari jenjang SMA, lanjutnya, jangan sampai tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi (PT). Proses pendidikan di PT akan mematangkan pengetahuan.

“Para siswa di Sumenep, yang di tingkat SMP pasca lulus melanjutkan ke tingkat SMA. Kemudian yang lulus dari tingkat SMA, melanjutkan ke PT. Jangan sampai setelah lulus, malah tidak melanjutkan pendidikannya,” harap besar.

Menempuh pendidikan hingga ke PT pada dasarnya menjadi harapan semua anak didik. Maka harapan itu jangan sampai pupus di tengah jalan. Sebab dari pendidikan pula, akan menentukan masa depannya.

Jika tidak mampu dalam ekonomi, ada banyak cara untuk tetap mengenyam pendidikan di bangku kuliah, mulai dari beasiswa yang sudah disiapkan oleh pemerintah dan lain sebagainya.

Saat ini, tinggal bagaimana semangat anak didik untuk berusaha dan menuntut ilmu setinggi-tingginya. Maka dinilai sangat penting, menanamkan rasa semangat demi terus menempuh pendidikan sesuai keinginan atau jurusan yang diinginkan.

“Tanamkan semangat, tidak mampu secara ekonomi saat ini sudah bukan alasan lagi. Makanya, tanamkan semangat demi menempuh pendidikan dan menggapai cita-cita,” tuturnya.

Politisi muda PDI Perjuangan itu menyinggung soal lapangan pekerjaan yang tidak mudah. Saat ini persaingannya sangat ketat. Siapa yang mampu bertahan dalam persaingan, maka itulah yang akan menjadi pemenang.

Salah satu tolok ukur yang utama untuk mendapatkan pekerjaan dan mampu bersaing adalah pendidikan. Bisa dilihat, sangat jarang peluang pekerjaan yang syaratnya hanya tamat SMA. Saat ini ada banyak lapangan pekerjaan yang syarat minimalnya berijasah S1.

Selain itu, Fauzi juga meminta kepada generasi muda untuk mengasah skil atau kemampuannya. Sebab skil salah satu jalan untuk mengapai cita-cita yang ditanamkan sejak kecil.

“Pemuda harus memiliki, karena dengan kemampuan itu juga menjadi jalan untuk bersaing dan mendapatkan pekerjaan, atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan. Asah skilnya secara terus menerus,” paparnya. (ong/rei)

Komentar

News Feed