oleh

Wabup Pamekasan Bantah Pembubaran Satgas akibat Gagal Tangani Covid-19

Kabarmadura.id/PAMEKASAN–Dibentukanya Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 lalu dibubarkannya tim tersebut,menimbulkan kecurigaan dari sejumlah pihak, karena langkah itu dinilai sebagai bentuk ketidakkonsistenan pemerintah dalam menangani Covid-19.

Tidak hanya inkonsisten, namuan pemerintah juga dianggap kebingungan oleh datangnya virus jenis baru itu, sehingga tidak tahu harus berbuat apa.

“Dibentuk menggunakan anggaran yang sangat besar, lalu dibubarkan dengan anggaran yang besar pula, bingung mereka,” demikian diungkapkanKetua Forum Kota (Forkot) PamekasanSamsul Arifin.

Namun di lain pihak, Wakil Bupati Pamekasan Raja’e membantah anggapan tersebut. Menurut dia, dalam setiap pengambilan kebijakan pemerintah harus memperhatikan berbagai aspek. Tidak hanya persoalan anggaran, situasi dan kondisi juga mempengaruhinya.

Keberadaan Covid-19 tidak bisa dipungkiri merupakan bencana nonalam terbesar sepanjang masa.Baginya, dalam mengahadapi bencana tersebut, membutuhkan strategi khusus yang harus berkesusaian dengan lingkungan sekitarnya.

Menurut mantan kepada Desa Bujur Barat tersebut, wajar jika pemerintah menggunakan sejumlah cara yang berbeda dalam menangani virus ini. Sebab, Covid-19 adalah virus baru yang kedatangannya tidak bisa diprediksi.

Sehingga mengahadapinya pun perlu kehati-hatian dan kajian mendalam. Tentu jika ada sebuah kebijakan yang di lain hari dinilai tidak lagi efektif maka perlu dilakukan perbaikan. Sementara kondisi Covid-19 saat ini untuk Kabupaten Pamekasan masih terbilang tinggi.

Hal itu menurutnya membuat pemerintah harus bepikir keras untuk mencari cara lain yang lebih efektif dan optimal bagaimana agar Covid-19 bisa tertangani dengan cepat. Bahkan menurut Raja’e, langkahnya sudah cukup tepat daripada memilih langkah statis.

“Kita harus melakukan langkah taktis dan melakukan perubahan-perubahan kebijakan, tidak boleh kebijakan itu statis dalam menghadapi Covid-19 ini,” pungkasnya. (ali/waw)

Komentar

News Feed