oleh

Wabup Pamekasan Inginkan HPP Garam Rp1 Juta

Kabarmadura.id/Pamekasan-Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Raja’e, menginginkan pemerintah pusat menetapkan harga pokok pembelian (HPP) garam rakyat sebesar Rp1 juta per ton. Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) agar bisa mengawal hal tersebut.

Raja’e mengatakan, sejauh ini Pemkab Pamekasan sudah melakukan koordinasi dan komunikasi lintas sektoral, untuk mewujudkan kesejahteraan petani garam melalui harga beli yang berpihak pada petani.

“Rp1 juta per ton ini cukup standar, tentunya ini semua bergantung dengan keputusan pemerintah, karena penentu kebijakannya adalah pemerintah pusat,” ungkapnya, Rabu (29/7/2020).

Sejauh ini menurutnya, harga garam rakyat di Kabupaten Pamekasan berada di kisaran Rp300 rupiah sampai Rp400 ribu rupiah per ton. Pihaknya berjanji akan terus berupaya agar ketetapan HPP garam bisa diwujudkan oleh pemerintah pusat.

Dirinya berharap produksi garam rakyat tahun 2020 bisa lebih berkualitas, sehingga bisa diminati oleh para pengusaha yang bergerak di bidang pegaraman, dan pada akhirnya kesejahteraan petani garam bisa bertambah.

“Tentunya beberapa langkah sudah dilakukan untuk memberikan kemudahan pengelolaan pada sektor garam,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ismail Arrahim mendesak pemerintah agar terus proaktif untuk memastikan serapan garam tahun 2020 bisa lebih baik. Sebab dampak dari rendahnya serapan garam sangat dirasakan oleh petani garam.

“HPP yang diusulkan harus benar-benar sesuai dengan biaya produksi dan petani bisa lebih untung,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed