Wabup Sumenep Ingin KSN Jadi Ajang Gali Potensi Siswa

  • Whatsapp
(KM/HUMAS PEMKAB) DORONG PRESTASI GEMILANG: Wabup Achmad Fauzi saat menghadiri pembukaan KSN tahun 2020.

Kabarmadura.id/Sumenep-Sebanyak 511 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) negeri/swasta se-Sumenep, Selasa (10/3/2020), mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020 yang bertempat di STKIP PGRI Sumenep.

Waki Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi yang hadir langsung pada pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan, pihaknya ingin kegiatan tersebut jadi ajang menggali potensi diri untuk meraih prestasi dan masa depan gemilang.

Bacaan Lainnya

KSN tersebut melombakan 9 mata pelajaran (mapel), antara lain mata pelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, Kebumian, Astronomi, Geografi, Informatika, dan Ekonomi.

“Ini kegiatan luar biasa, saya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. KSN ini sebagai sarana menumbuhkan kepercayaan diri serta mencetak bibit-bibit unggul siswa-siswi di Sumenep untuk tingkat sederajat di Sumenep,” jelasnya.

Oleh karenanya, Wabup Fauzi ingin para peserta peserta menjadikan KSN sebagai upaya mengasah diri, serta menunjukkan kemampuannya terhadap ilmu yang diperoleh di bangku sekolah.

Di sisi lain, agar kegiatan KSN bukan sekedar kompetisi dalam rangka menentukan menang atau kalah semata. Melainkan, menjadi ajang motivasi dan wadah menggali potensi diri untuk meraih prestasi.

“Kegiatan yang bagus ini, harus mampu melahirkan siswa bertalenta dan berkarakter, supaya menjadi generasi muda yang mampu berkontribusi pada pembangunan daerah melalui ilmu pengetahuan yang telah ditimba selama ini,”  paparnya.

Fauzi juga mengajak semua peserta hendaknya mempersiapkan diri dengan baik, dalam rangka mengembangkan bakat dan minat di bidang mata pelajaran yang dilombakan. Tujuannya, supaya keikutsertaannya dalam KSN benar-benar untuk membawa pulang piala sehingga membanggakan sekolah dan orangtuanya.

Sebab, semua peserta mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk menjadi juara di ajang KSN. Namun yang membedakan, itu tergantung dari kemampuan dan persiapannya untuk mengikuti perlombaan KSN.

Terhadap siswa yang meraih prestasi di KSN, Fauzi berpesan supaya jangan berpuas diri, karena masih ada jenjang lebih tinggi yakni KSN Provinsi. Sebab peserta yang terpilih bisa berkompetisi ke tingkat lebih tinggi  juga mendapatkan prestasi bahkan sampai tingkat nasional.

KSN tahun 2020 diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep. Kegiatan diikuti oleh 511 siswa SMA dan yang sederajat. Pesertanya mapel Fisika sebanyak 54 siswa, Kimia sebanyak 73 siswa, Matematika sebanyak 73 siswa, Biologi sebanyak 79 siswa, Kebumian sebanyak 43 siswa, Astronomi sebanyak 30 siswa, Geografi sebanyak 74 siswa, Informatika sebayak 53 siswa, dan mapel Ekonomi diikuti 55 siswa. (imd/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *