Wadahi Anak Putus Sekolah, Bripda Anafis Rintis ‘Rumah Belajar’ Berkonsepkan Alam

  • Whatsapp
(FOTO: EKO FOR KM) INSPIRATIF: Bripda Anafis sedang merintis dan mengembangkan Sekolah Belajar berkonsepkan alam untuk mewujudkan generasi hebat yang mencintai Tanah Air.

KABARMADURA.ID | Kiprah sosok satu ini patut diacungi dua jempol. Bagaimana tidak, ia tidak hanya mengabdikan diri untuk masyarakat melalui institusi tempatnya bernaung yaitu Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Saat ini, ia sedang merintis dan mengembangkan “Rumah Belajar” di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah, Bangkalan.

FAIN NADOFATUL M, BANGKALAN

            Sosok tersebut bernama lengkap Bripda Herlambang Wahyu Anafis Satriatama. Ia mengaku, inisiatif pembangunan “Rumah Belajar” berawal dari keinginannya untuk mengajar dan mendidik anak-anak yang putus sekolah lantaran keterbatasan ekonomi keluarga.

Sekitar 25 anak yang saat ini di bawah binaannya. Salah satu materi yang diajarkannya yaitu tentang Pancasila. Materi tersebut sengaja diberikan agar anak-anak tersebut semakin mencintai Tanah Air.

“Saya selalu merasa kasihan dengan anak-anak yang seharusnya masih sekolah harus membantu orang tua bekerja. Saya berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk membantu mereka. Mungkin dengan mendirikan sekolah alam sedikit membantu mereka, minimal tidak buta huruf,” ungkap Bripda Anafis.

Ia juga menuturkan, sekolah alam tersebut untuk mewadahi anak-anak agar mendapatkan ilmu dan pengetahuan tambahan di jam sekolah. “Saya hanya ingin memfasilitasi saja melalui Rumah Belajar, agar anak-anak sekolah dasar mendapatkan pengetahuan lebih,” tuturnya.

Ia mengaku sengaja membuat Rumah Belajar dengan konsep alam agar menampung anak-anak lebih banyak. Salah satu sarana yang digunakannya yaitu mobil Bhabinkamtibmas dan Polres Bangkalan. Melalui kendaraan tersebut, Brida Anafis menyampaikan materi seputar Pancasila, dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknolog (iptek). Harapannya, anak-anak tersebut tumbuh berkembang menjadi pemuda hebat dan berbudi luhur.

“Alhamdulillah, ‘Rumah Belajar’ ini memang dibuat dengan konsep alam karena memang dari Polres Bangkalan menyediakan LCD agar anak-anak mendapatkan pengetahuan yang lebih dan termotivasi untuk menuntut ilmu untuk mewujudkan semua cita-cita mereka,” ujarnya setelah mengajar.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino menyampaikan apresiasi terhadap anggotanya tersebut. Menurutnya, kegiatan belajar mengajar di Rumah Belajar merupakan inovasi Polres Bangkalan dalam melayani masyarakat.

“Pelayanan tidak hanya sebatas melakukan pengamanan. Tetapi juga anggota harus bisa melakukan pengayoman kepada masyarakat; seperti mengedukasi tentang nilai-nilai luhur agar menjadi generasi hebat, cerdas, dan tangguh,” ujar AKBP Alith.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *