Wakil Ketua DPRD Sumenep: Komitmen Jaga Keutuhan NKRI

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) GAGAH: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Faisal Muhlis mengajak masyarakat menjaga keutuhan NKRI di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep mengajak  untuk menjaga serta memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Wakil Ketua DPRD Sumenep Faisal Muhlis mengatakan, 17 Agustus HUT Kemerdekaan yang tidak boleh dilupakan. Oleh karena itu, Indonesia harus dirawat serta dipertahankan itu, terutama kepada generasi muda diharapkan menjaga keutuhan NKRI.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan hari kemerdekaan yang digelar setiap tahunnya untuk mengenang para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raganya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya, Selasa (17/08/2021)

Menurutnya, termasuk patuh dan tunduk terhadap Pancasila. Sebab, hal tersebut merupakan pedoman yang mengatur seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Hal itu pula yang mendorong terciptanya cinta Tanah Air dan menjaga keutuhan NKRI.

Untuk itu ke depannya, pendidikan Pancasila sangat penting ditanamkan kepada seluruh rakyat Indonesia agar mampu bersikap dan berpedoman pada Pancasila. Sehingga, bisa menjaga keutuhan NKRI, di mana ini menjadi kewajiban semua warga negara Indonesia.

“Artinya semua warga negara harus menjaga maupun melindungi NKRI dari berbagai macam hal yang mungkin bisa mengancam keutuhan NKRI. “Mari kita tanamkan Cinta Tanah Air demi menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.

Dikatakan, sikap cinta tanah air artinya berbakti kepada negara dan bersedia berkorban membela negara. Cinta Tanah Air menjadi sikap penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

“Usia Kemerdekaan Indonesia sudah semakin tua, maka perlu kedewasaan dalam menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.

Selain itu, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengharapkan, agar masyarakat patuh terhadap aturan pemerintah. Misalnya, di masa saat ini masih adanya Covid-19 yang tidak kunjung usai. Untuk itu, patuhi protokol kesehatan (protkes). Dengan begitu jiwa masyarakat Indonesia dapat terlindungi dari wabah yang mematikan itu.

“Di Hari Kemerdekaan RI ini harus tetap semangat dan terus menjadi contoh dalam hal kebaikan antar sesama serta cinta pada Allah SWT,” pungkasnya. (imd/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *