oleh

Warga 6 Desa Tunggu Kompensasi Dampak Eksploitasi Migas HCML

KABARMADURA.ID, Sampang – Rencana penyaluran bantuan dari Husky-CNOOC Madura Limited (HCML)untuk sejumlah desa di Kecamatan Camplong, Sampang,hinggi kini belum terealisasi. Bantuans sebagai bentuk perhatian tersebut, ditujukan terhadap para nelayan di desa tersebut.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan mengatakan, berdasarkan aturan, kewajiban HCML dalam menyalurkan corporate social responsibility (CRS)atau tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP), hanya terhadap Desa Mandangin, Kecamatan Sampang.

Desa di Pulau Mandangin, Sampang tersebut merupakan wilayah terdampak aktivitas eksplorasi migas tersebut. Sedangkan desa di Kecamatan Camplong, diklaim tidak termasuk wilayah terdampak.

Desa di Camplong yang akan menerima bantuan yang diklaim sebagai bentuk perhatian dari HCML tersebut, yakni desa Tanjung, Sejati, Banjar Talela, Dharma Camplong, Desa Taddan dan Tambaan.

Kompensasi terhadap enam desa tersebut, dipenuhi HCML atas keinginan dari masyarakat setempat, bukan TJSP. Tetapi hingga kini belum ada kejelasan terkait realisasinya. Padahal proposal telah diajukan.

“Enam desa di Camplong ini nantinya akan mendapatkan bantuan sebagai perhatian dari HCML sekitar Rp40 juta perdesa, tapi untuk realisasinya sampai sekarang belum ada kepastian,” ucap pria yang akrab disapa Wawan itu kepada Kabar Madura, Rabu (30/9/2020).

Wawan mengaku tidak tahu pasti terkait penggunaan bantuan dana dari HCMLtersebut, karena proposalnyadiusulkan masing-masing desa. Pihaknya mengaku hanya sebatas fasilitor dan mendorong HCML untuk peduli kepada masyarakat yang terdampak, khususnya bagi para warga yang berprofesi nelayan di wilayah itu.

Sementara itu, Kepala Desa Sejati Camplong Syafiudin membenarkan bahwa belum ada kejelasan terkait bentuk program dari bantuan HCML tersebut. Pemerintah di enam desa tersebutjuga sudah pernah dikumpulkan untuk membicarakan hal itu.

“Informasi yang kami terima, untuk rencana penyaluran bantuan dari HCML ke desa ini, baru akan diputuskan dalam minggu-minggu ini,” ungkap Syafiudin melalui jarinagan selulernya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Manajer Regional Office HCML Hamin Tohari menjelaskan, untuk penyaluran bantuan terhadap enam desa di Kecamatan Camplong itu saat ini masih dalam tahapan persiapan. Tetapi kemungkinan dalam waktu dekat sudah bisa direalisasikan.

“Sekarang masih tahap persiapan, semoga bisa dijalankan dalam waktu dekat ini,” singkatnya. (sub/waw)

Komentar

News Feed