Warga Binaan Lapas Pamekasan Ikuti Vaksinasi Booster

(KM/ALI WAFA) UNTUK KEKEBALAN: Kalapas Kelas II A Pamekasan Seno Utomo sedang meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada petugas dan warga binaan, Selasa (8/3/2022).

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Pamekasan menggelar vaksinasi dosis 3, Selasa (8/3/2022). Kegiatan vaksinasi itu digelar serentak di seluruh lapas di Indonesia. Dalam kegiatan itu, seluruh petugas lapas serta warga binaan mengikuti vaksinasi booster.

Kepala Lapas Kelas II A Pamekasan Seno Utomo mengatakan, semangat dari kegiatan tersebut untuk segera terwujudnya kekebalan kelompok. Pihaknya mendukung terpenuhinya target pemerintah mencapai 70 persen vaksinasi terhadap seluruh masyarakat Indonesia.

“Agar kita bisa segera menuju ke era endemi,” ucap Seno, Selasa (8/3/2022).

Bacaan Lainnya

Vaksinasi itu digelar selama tiga hari dan akan berakhir pada Kamis (10/3/2022). Pihaknya menargetkan, seluruh petugas dan warga binaan tuntas menjalani vaksinasi booster. Sebab untuk dosis 1 dan 2, seluruh petugas dan warga binaan sudah menjalaninya.

“Vaksinasi ini penting. Terutama bagi warga binaan yang pindahan dari lapas lain di Jawa Timur. Sangat mungkin mereka belum divaksin. Apalagi booster, dosis satu dan dua saja mungkin belum,” tambah Seno.

Kegiatan di hari kedua (hari ini), pihaknya akan menggelar vaksinasi untuk warga binaan perempuan. Di Lapas Kelas II A Pamekasan terdapat 18 warga binaan perempuan. “Vaksinasi remaja juga ada. Kalau anak-anak atau di bawah umur tidak ada,” ujar Seno.

Kegiatan vaksinasi tersebut bekerja sama dengan Polres Pamekasan. Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Pamekasan Kompol Sutrisno mengatakan, satu tim pelaksana vaksinasi terdiri dari enam orang. Semuanya dari Poliklinik Pratama Polres Pamekasan.

“Kami mensinyalir, lapas perlu untuk melaksanakan vaksinasi. Baik dosis satu, dua dan lanjutan. Karena banyak warga binaan yang butuh kekebalan imunitas,” ucap Kompol Sutrisno, Selasa (8/3/2022).

Untuk diketahui, kapasitas Lapas Kelas II A Pamekasan yaitu 760 orang. Namun jumlah warga binaan saat ini sebanyak 1.173. Itu artinya, kapasitas lapas kini overload. Dari jumlah warga binaan itu, 18 di antaranya perempuan, dan sisanya laki-laki.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.