Warga Desa Muarah dan Buduran Kompak Bangun Jembatan Penghubung Antardesa secara Mandiri

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FAIN NADOFATUL M.) BANGUN SECARA SWADAYA: Kepala Desa Muarah, Kecamatan Klampis, sedang menemani Bupati Bangkalan meninjau jembatan penghubung antardesa yang dibangun oleh warga secara mandiri.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan belum membangun jembatan penghubung antara Desa Muarah dan Desa Buduran yang terpisah oleh sungai. Sebab itu, warga setempat berinisiatif untuk membangunnya secara mandiri.

Inisiator pembangunan jembatan antardesa tersebut yaitu Rodiansyah, warga Desa Muara. Jembatan yang dibangun secara swadaya tersebut diberi nama Jembatan Maqbul.

“Pembangunan jembatan hasil kerja sama dengan kedua belah kepala desa terkait. Sebelum ada jembatan tersebut, masyarakat harus melalui desa lain dan harus menempuh jarak sekitar 2 kilometer,” ujar Rodiansyah.

Sebenarnya, dia mengaku, malu karena membangun jembatan yang kecil. Dia berharap, Pemkab membangunkan lebih besar. “Tapi sekarang alhamdulillah, walaupun jembatannya kecil ini bisa bermanfaat. Jembatan yang besar nanti urusannya Pak Bupati. Kami akan rawat jembatan ini dengan baik, karena meskipun kecil insya Allah sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi pembanguanan jembatan secara mandiri oleh warga. Ia juga menjelaskan, saat ini pembangunan infrastruktur terkendala anggaran yang minim, sebab dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Kami akan usulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan agar ke depan ada prioritas pembangunan infrastruktur jalan,” tegas Ra Latif (sapaan akrab bupati).

Ra Latif menjanjikan akan mengalokasikan anggaran pada tahun 2022 untuk pembangunan jembatan yang lebih besar. Ia mengakui, pembangunan infrastruktur tahun ini belum maksimal. Sehingga, ia merencanakan tahun depan akan lebih memprioritaskan anggaran untuk pembangunan.

“Mudah-mudahan di tahun anggaran 2022 pembangunan infrastruktur bisa lebih maksimal. Sekali lagi kami sangat mengapresiasi kepada Bapak H Rodiansyah yang telah menginisiasi dan membiayai pembangunan jembatan ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tandasnya.

 

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *