oleh

Warga Desa Tanjung Bentuk Posko Tolak Rencana Pengeboran Gas Medco Energy

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN–Pengeboran sumber gas yang dilakukan oleh Medco Energy di perairan Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, terus menyedot perhatian publik. Warga setempat diketahui menolak rencana proyek pengeboran tersebut.

Bentuk penolakannya tidak hanya berupa wacana antara pihak, tetapi dibuktikan dengan mulai melakukan gerakan. Bahkan warga setempat mulai membentuk posko penolakan pengeboran sumber gas oleh Medco Energy tersebut.

Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Pamekasan Moh. Lutfi mengatakan, organisasinya yang memfasilitasi masyarakat setempat dalam hal penolakan proyek tersebut.

Dikatakan Lutfi, pendirian posko tersebut dilakukan oleh warga setempat yang merasa khawatir dengan kerusakan alam dan lingkungan jika proyek pengeboran terus dilakukan.

Tidak hanya itu, warga setempat juga menandatangani petisi penolakan terhadap pengeboran gas yang dilakukan oleh Medco Energy. Warga juga gencar melakukan sosialisasi terhadap pihak lain mengenai dampak buruk dari proyek itu terutama pada ekosistem laut dan pendapatan hasil tangkapan ikan para nelayan.

“Posko tersebut akan terus didirikan sampai waktu yang tidak ditentukan,” tegasnya.

Warga yang menolak proyek pengeboran itu, karena karena sejumlah alasan. Salah satunya karena yakin akan merusak ekosistem laut, mencemarkan air laut serta rusaknya terumbu karang.

Selain itu, wilayah titik pengeboran sumber gas dan pengembangan pembangunan paus biru tersebut, diketahui merupakan titik tangkap ikan yang produktif bagi para nelayan setempat. Sehingga pihaknya menyayangkan jika terdapat proyek yang membuat potensi ikan hilang.

“Dan berdasar laporan warga, sebelumnya tidak pernah ada sosialisasi terhadap para nelayan mengenai proyek pengeboran ini,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Muharram mengungkapkan, pihaknya hanya memfasilitasi kajian mengenai dampak lingkungan. Sejatinya, tambah Muharram, pengeboran sumber gas sudah lama dilakukan dan dikembangkan sekarang.

Namun pihaknya memastikan bahwa Medco Energy merupakan perusahaan yang telah lama dan banyak mengatasi proyek serupa. Pihaknya meyakini tidak akan ada dampak yang berarti terhadap lingkungan sekitar. Bahkan, pengeboran ini sejatinya sudah lama direncanakan.

“Saya hanya membantu dari kajian lingkungannya. Hasilnya, disepakati, masyarakat tidak boleh dirugikan,” tukasnya. (ali/waw)

Komentar

News Feed