Warga Isoman Menurun, Stok Tabung Oksigen Aman

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) MENURUN: Peminjam oksigen di Pamekasan mengalami penurunan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Menurunnya wara Pamekasan yang menjalani isolasi mandiri membuat kebutuhan tabung oksigen juga mengalami penurunan.

Kasi Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Amir Chamdani mengatakan, dalam dua pekan terakhir, kebutuhan oksigen menurun. Hal itu dibuktikan dengan stok tabung oksigen yang biasanya kosong di Gedung Islamic Center (GIC) justru hari ini banyak tidak terpakai.

Bacaan Lainnya

“Hari ini masih ada 10 tabung oksigen yang belum terpakai di GIC,” terangnya, Kamis (5/8/2021).

Ia mengatakan, menurunnya kebutuhan tabung oksigen setidaknya menjadi kabar baik. Sebab, hal tersebut menjadi indikator menurunnya warga isoman. Dia menyebut, perubahan cuaca yang ekstrim, dari panas ke dingin secara spontan mengakibatkan Covid-19 tidak berkembang.

Selain itu, dia menambahkan, tabung oksigen diberikan secara gratis. Warga yang membutuhkan bisa langsung mendatangi GIC tanpa perlu membayar sepeser pun.

“Hanya perlu KTP untuk jadi jaminan, jadi KTP-nya ditaruh di GIC,” sambung Amir.

Dia menerangkan, pemakaian oksigen harus atas petunjuk tenaga medis. Sehingga, penggunaannya tepat dan benar sesuai kebutuhan. Dia menyebut, pasien yang membutuhkan oksigen harus sudah memeriksakan diri ke dokter.

“Apakah benar-benar butuh atau tidak, sehingga, oksigen yang tersedia tepat sasaran kepada yang sangat butuh,” terangnya.

Sementara itu, satu orang tidak bisa membawa dua tabung oksigen. Hal itu, menurutnya  untuk mengantisipasi kelangkaan stok.

“Jika habis, diisi lagi ke sini,” pungkasnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *