oleh

Warga Keluhkan Keberadaan Calo di Dispendukcapil

Kabaremadura.id/Sampang-Sejumlah warga di Kabupaten Sampang, mengeluhkan adanya calo dalam pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu warga asal Robatal Sampang Moh. Yadi.  Dirinya mengungkapkan, saat hendak mengurus pembuatan akta kelahiran, dirinya diminta untuk kembali lantaran ada persyaratan yang kurang.

Namun herannya kata Moh. Yadi, ada salah satu pemohon akta kelahiran yang persyaratan juga tidak lengkap, namun bisa membuat akta itu tanpa harus disuruh kembali untuk dilengkapi kekurangan persyaratan itu.

“Dia (pemohon, red) bisa langsung jadi setelah bayar Rp90 ribu,” ungkapnya, Senin (2/12/2019)

Menyikapi temuan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Edi Subinto menyampaikan, pihaknya tetap menggunakan prosedur pelayanan sesuai mekanisme yang ada. Pihaknya mengaku, tidak mengetahui adanya calo dalam pengurusan adminduk.

“Saya tidak tau dengan adanya oknum tersebut, karena kami melayani masyarakat yang hendak melakukan pembuatan data kependudukan itu sesuai prosedur yang ada,” kilahnya.

Selain itu Edi Subinto juga menghimbau, agar masyarakat yang hendak mengurus adminduk datang sendiri ke kantor Dispendukcapil, tanpa menggunakan jasa perantara. Pihaknya juga menyarankan masyarakat untuk tidak menggunakan jasa berbayar dalam pengurusan adminduk.

“Jika masyarakat yang dimintai tolong minta upah, bisa saja, hal itu untuk buat akomodasi dan transportasi, itu di luar kewenangan kita. Saya lebih senang jika masyarakat datang sendiri ke kantor,” pungkasnya. (km49/pin)

 

Komentar

News Feed