Warga Keluhkan Pengadaan PJU Senilai Rp9 Miliar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) RAWAN: Puluhan tiang penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Nasional wilayah Pantura, Kabupaten Sampang, perawatannya ditangani pemerintah pusat. 

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Proyek pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Raya Nasional wilayah Pantura Kabupaten Sampang, mulai menuai keluhan. Pasalnya terdapat beberapa lampu yang tidak normal. Padahal, pengadaan PJU tersebut masih baru. Beberapa lokasi yang sudah berhasil dipasang PJU, Jalan Kecamatan Ketapang, Sokonanah, dan Jalan Raya Banyuates. Total lampu PJU yang dipasang sebanyak 235 jenis solar cell.

Moh. Munir, warga sekitar mengatakan proyek PJU terkesan abal-abal. Sebab, beberapa tiang, terpasang tidak normal seperti lampu lainnya. Sehingga, berpengaruh terhadap kondisi lampu. Yakni, terkadang mati mendadak dan menyala. “Meskipun tenaga surya, tapi sering mati lampu. Kadang nyala, kadang mati lampu,” ungkapnya, Senin (18/01/2021).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, kualitas tiang terkesan dipasang sembarangan. Beberapa tiang pondasinya diyakini tidak kuat. Sehingga mengkhawatirkan untuk beberapa bulan kedepan.  “Kalau masalah lampu mungkin bisa diperbaiki dan tidak menjadi kekhawatiran kami. Tapi kondisi pondasi tiang yang mengkhawatirkan. Silahkan para pejabat mengecek semua tiang,” tantangnya.

Menurutnya, jika terjadi angin kencang akan membahayakan. Meski tidak ada setrum seperti PJU non tenaga surya, tapi robohnya tiang mengancam keselamatan warga. Dia menduga, pekerjaan dilakukan sembarangan akibat dikerjakan dengan cepat. “Silahkan di cek semua tiang. Kalau masalah lampunya silahkan dicek saat malam hari,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Kabar Madura, pemasangan lampu PJU dilakukan di tiga lokasi. Perinciannya, 200 PJU dipasang di Jalan Raya Ketapang, 21 di Jalan Raya Banyuates dan 14 PJU dipasang di Jalan Raya Sokobanah tepatnya di depan lokasi Wisata Pantai Lon Malang dan Wisata Pantai Jodoh Desa Tamberu Barat.

Sebagaimana tercantum di laman resmi sistem layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tender proyek PJU Jalan Nasional dimenangkan oleh PT Pri Yaka Karya, alamat Jalan Pontianak Nomor 23 GKB Gresik Jawa timur (Jatim) dengan harga terkoreksi Rp9.309.509.550. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *