Warga Kepulauan Keluhkan Pelayanan Kependudukan

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Sejumlah warga kepulauan menemui Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi. Mereka mengeluhkan layanan administrasi kependudukan yang dianggap tidak memihak warga kepulauan.

Warga kepulauan Gili Raja Sumenep Syaiful Anam meminta agar pemerintah  tidak memarjinalkan masyarakat kepulauan. Sebab, mereka datang dari jauh bahkan meluangkan waktu, tenaga dan dana yang tidak sedikit untuk mengurus identitas kependudukan.

“Saya minta kebijakan agar masyarakat kepulauan dipikirkan,” katanya, Senin (16/9).

Dijelaskan, masyarakat kepulauan mengurus administrasi kependudukan hingga harus menginap 5 hari.

“Dispendukcapil semakin hari semakin kesulitan dalam waktu 6 bulan terakhir ini,” paparnya.

Berbelit-belitnya birokrasi menunjukkan bahwa pelayanan terhadap masyarakat tidak berubah. Jika masalahnya di alat, setidaknya dispendukcapil harus peka dalam membuat kebijakan misalnya ada penambahan alat elektronik dan lain sebagainya.

“Dalam mengurus KTP tidak selesai ada yang satu tahun ada yang tidak selesai sampai orangnya meninggal,” paparnya.

Pihaknya berharap semua pelayanan harus maksimal. Setidaknya disambungkan ke dispendukcapil agar dispendukcapil mengevaluasi semua kejadian yang terjadi pada masyarakat.

Wakil Bupati Achmad Fauzi mengutarakan, hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat bakal diusahakan, termasuk pengurusan administrasi kependudukan.

“Kami akan usahakan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Fauzi menambahakn, sebenarnya hal ini bukan malah dipojokkan kepada OPD kabupaten. Sebab pelayanan dari pusat untuk memenuhi permintaan OPD khususnya dispendukcapil merasa kesulitan.(Imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *