Warga Rentan Jadi Sasaran Vaksinasi Tahap III

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) JAGA KEKEBALAN KELOMPOK: Vaksinasi tahap ketiga menyasar warga rentan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Achmad Marzuki mengungkapkan bahwa pemerintah telah memulai vaksinasi tahap ketiga di Pamekasan. Diketahui, vaksinasi ini dilakukan untuk mempercepat cakupan herd immunity (kekebalan kelompok) bagi masyarakat di Bumi Gerbang Salam.

“Saat kita setelah memasuki tahap ketiga yakni vaksinasi pada masyarakat umum adalah masyarakat rentan,” terang Marzuki, Selasa (3/8/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, ia mengatakan target vaksinasi di Pamekasan tetap sesuai tahapan, 1, 2, dan 3. Menurutnya, untuk vaksinasi tahap ketiga ini sedikit tersendat. Hal itu dikarenakan beberapa vaksinator melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Sempat ada kendala saat petugas vaksinasi melakukan isoman. Kita harus merevisi ulang jadwal vaksinasi di masing-masing puskesmas di Pamekasan. Bukan kendala berarti. Hanya, ketika beberapa vaksinator terpapar Covid-19, sebagian jadwal direvisi,” sambungnya.

Untuk mengatasi kendala tersebut, ia mengatakan telah menunjuk beberapa puskesmas untuk mencari beberapa petugas pengganti. Sehingga kendala tersebut secepatnya diatasi.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi terkait vaksinasi dan memastikan mendapat informasi dari sumber terpercaya.

“Kita ingatkan agar masyarakat ini tidak gampang percaya dengan berita hoaks. Karena vaksinasi ini baik agar menambah sistem kekebalan tubuh kita,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Sri Agustini mengatakan, untuk jumlah target vaksinasi Pamekasan belum bisa dipastikan. Pihaknya menghitung sesuai data yang masuk ke bagian administrasi untuk kemudian ditentukan jadwal vaksinasinya.

”Target vaksin belum pasti, bergantung dari banyaknya yang daftar, baru nanti dijadwalkan,” pungkasnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *