Warga Temukan Pencemaran di Laut Lombang

  • Whatsapp
TERCEMAR: Laut di sekitar Pantai Lombang ditemukan tercemar oleh warga setempat.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Limbah tambak udang yang beroperasi di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, diketahui telah mencemari lau, tepatnya laut di sekitar Pantai Lombang.

Aminullah yang merupakan masyarakat Desa Dapenda, Kecamatan Batang-Batang, merasa resah dengan limbah tersebut. Kendati bukan penduduk asli Lombang, ia mengaku peduli dengan lingkungan  di sekitarnya.

Pemuda yang akrab dipanggil Amin itu mengaku pernah melakukan semacam percobaan kecil-kecilan, yaitu dengan mengambil sampel limbah yang dibuang tersebut menggunakan kantong plastik, lalu mencelupkan tangannya ke limbah tersebut, alhasil tangannya langsung merasa gatal-gatal.

“Kalau kamu tidak percaya, mari kita datang ke sana langsung, saya akan menunjukkan buktinya,” ungkapnya meyakinkan kepada Kabar Madura, Selasa (25/6).

Amin menjelaskan lebih lanjut, memang limbah itu tidak langsung membuat ikan-ikan di laut mati karena keracunan, namun ia memperhitungkan, banyak ikan-ikan itu hidup dan makan di air yang tercemar tersebut, lalu ikannya dikonsumsi masyarakat.

Jika demikian, ada kemungkinan akan ada zat beracun dalam ikan tersebut yang akhirnya akan membahayakan tubuh.

Itu pun yang hanya di Lombang, tambah Amin, belum lagi tambak-tambak yang lain yang berada di wilayah Sumenep, jika dikalulasi secara keseluruhan maka sudah berapa banyak limbah yang mencemari air laut tersebut, yang pada akhirnya membahayan masyarakat.

Pria asli Pulau Masalembu tersebut berharap supaya Dinas Lingkungan Hidup setempat untuk segera mengambil tindakan tegas, bahkan bisa dilakukan tes laboratorium dulu jika memang diperlukan sebagai pembuktian.

Di sisi lain, setelah berusaha dikonfirmasi ke pihak Dinas Lingkungan Hidup, baik kepala bidang yang bersangkutan, maupun kepala dinas, tidak mendapatkan respon. (mad/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *