oleh

Warga Tionghoa Bangkalan Ajarkan Warga Hindari Wabah Covid-19

Kabarmadura.id/Bangkalan – Upaya pencegahan penularan Covid-19 tidak hanya gencar dilakukan oleh pemerintah. Sejumlah kalangan warga juga ikut memiliki rasa peduli yang cukup tinggi, salah satunya warga keturunan Tionghoa yang juga masyarakat Bangkalan.

MOH. SAED, BANGKALAN

Kepedulian warga keturunan Tionghoa tersebut keliling kampung untuk membagikan masker, sekaligus mengajarkan warga tentang cara menggunakan masker yang benar, terlebih bagi masyarakat yang belum mengerti manfaat masker dalam menghindari penularan wabah virus yang saat ini sedang mewabah di negeri ini.

Gunawan Muhammad, salah seorang keturunan Tionghoa di Bangkalan mengatakan, kegiatan itu merupakan langkah dalam memberikan edukasi dan informasi bagi masyarakat yang belum mengetahui bahaya Covid-19.

“Terkadang  masyarakat enggan menggukan masker,  sehingga saya mengelilingi kampung untuk memberikan masker terhadap masyarakat agar masyarakat bisa menggunakan masker dan tidak mudah tertular oleh virus,” terangnya saat ditemui di Kelurahan Bandaran, Bangkalan, Senin (20/4/2020).

Gunawan merasa tergerak, lantaran menyadari bahwa peduli dengan sesama manusia sangat penting. Terlebih, wabah yang saat ini terjadi, harus ditangani secara gotong-royong, tidak cukup menggantungkan dengan pemerintah.

Langkah awal yang dilakukannya adalah mendata tetangga di kampungnya, terutama mereka yang benar-benar tidak mampu secara ekonomi dan belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

Aksi yang dilakukan warga keturunan Tionghoa ini mendapat respon dari masyarakat Kelurahan Bandaran, salah satunya Abd Karim. Dikatakannya, bantuan tersebut cukup berarti bagi masyarakat,  demi terhindar dari penyebaran Covid-19.

Sebab selain memberikan masker, juga mensosialisasikan agar masyarakat saling menjaga kebersihan supaya tidak mudah tertular Covid-19.

“Bantuan yang digelar oleh saudara Gunawan kepada kami memang tidak pandang bulu, semunya diberi bantuan ,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan itu, Abd Karim berharap semakin memotivasi kekompakan warga lain untuk saling peduli.

“Saya berharap semoga tali silaturrahmi  serta saling peduli terhadap sesama manusia terus terjaga dengan baik,” harapnya. (mam/waw)

Komentar

News Feed