Wartawan Antusias Ikuti Porwanas XIII 2022


Wartawan Antusias Ikuti Porwanas XIII 2022
(KM/SYAHID MUJTAHIDY) MERIAH: Ribuan wartawan banjiri pembukaan Porwanas XIII 2022

KABARMADURA.ID | MALANG-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim) Lutfil Hakim menegaskan minat wartawan terhadap olahraga sangat tinggi. Dia menyampaikan saat sambutan pada pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 di Malang Raya, Senin (21/11/2022).

Bahkan, Lutfil menegaskan statement tersebut terhadap Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang hadir langsung.

Landasannya, Lutfil Hakim menyebutkan, antusiasme wartawan se-Indonesia sangat tinggi untuk mengikuti ajang tersebut. Tercatat, Porwanas tahun ini diikuti 35 provinsi dengan 2.200 atlet dan official.

Selain itu, Porwanas telah berlangsung hingga chapter XIII. Sedangkan, Jatim telah dua kali menjadi tuan rumah. Pertama pada Porwanas 1990.

“Ini Porwanas. Ini bukti minat wartawan terhadap olahraga sangat tinggi sekali. (Jika dibilang) minat olahraga rendah, sebenarnya masyarakat wartawan telah mengawali,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak meyakini kontingen Jatim akan keluar sebagai juara umum di Porwanas XIII 2022. Lantaran, atletnya dilepas langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah yang merupakan Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama.

Insya Allah Jawa Timur dapat energi-energi positif, karena dilepas Ibu Gubernur dan didoakan,” ucapnya.

Sedangkan, Menpora RI Zainudin Amali mengatakan, sejauh ini Indonesia belum memiliki desain olahraga. Batu tahun kemarin bisa terwujud dengan terbitnya Perpres Nomor 86 Tahun 2021.

“Saat perpres tersebut bisa dijalankan maka olahraga akan terus bangkit dan lebih terarah,” ujarnya.

Pada pembukaan Porwanas XIII 2022, pengurus SIWO PWI Pamekasan hadir langsung untuk memenuhi undangan dan ikut memeriahkan ajang tersebut.

“Yang disampaikan Ketua PWI Jatim soal minat wartawan di Pamekasan juga sangat antusias. Bahkan, kami sudah diakui di KONI dan KORMI. Bukan sebatas bermitra, namun masuk sebagai anggota,” kata Ketua SIWO PWI Pamekasan Zainol Atiqurrahman.

Reporter: Syahid Mujtahidy

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky