Waspada, Angin Puting Beliung Mengintai Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) RAWAN: Masyarakat Sampang perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana angin puting beliung.

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Bencana alam yang kerap melanda daerah Sampang perlu diantisipasi. Seperti angin puting beliung yang terjadi setiap tahun. Bahkan tidak bisa memprediksi lokasi kejadian dari adanya bencana tersebut. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang As roni, Kamis (18/10/2021).

Menurutnya, pada bulan November sangat rawan terjadi bencana. Sebab di bulan tersebut sudah masuk musim penghujan. Praktis bencana puting beliung mulai mengintai daerah tersebut. Sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam. “Saat musim hujan bisa terjadi angin puting beliung. Karena hampir setiap tahun ada,” ujarnya.

Pihaknya membeberkan, prediksi musim penghujan diketahui dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG). Sedangkan khusus bencana angin puting beliung wilayahnya tidak bisa dipetakan. Sehingga perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

“Angin kencang, khususnya puting beliung bisa datang kapan saja dan dimana saja. Jadi kami tidak bisa memetakan seperti  bencana lainnya. Bencana ini pernah terjadi di Kecamatan Omben, Robatal dan Camplong. Termasuk beberapa kecamatan lain. Bahkan bencana ini juga bisa mengancam beberapa kecamatan lain di Sampang,” bebernya.

Dia mengaku, sudah menyiapkan personil tanggap darurat sebagai antisipasi penanggulangan bencana. Sehingga jika terjadi bencana, akan segera mendatangi lokasi kejadian. Baik bencana angin puting beliung, banjir maupun longsor. “Curah hujan tahun ini diprediksi meningkat. Sementara angin puting beliung biasanya dimulai dengan hujan lebat,” jelasnya.

Reporter : Farhor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *