oleh

Waspada Bencana Banjir di Dua Kecamatan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan memprediksi puncak musim hujan akan terjadi sampai Februari tahun 2020. Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan Rizal Mores meminta agar masyarakat waspada terhadap potensi bencana banjir. Menurutnya, ada dua kecamatan yakni Arosbaya dan Blega yang berpotensi banjir. Karena di dua kecamatan tersebut dalam setiap tahunnya pasti akan terjadi banjir.

Banjir, selain disebabkan oleh cuaca ekstrim juga karena ada kiriman air daerah yang lebih tinggi. Ia mencontohkan, banjir di daerah Blega diakibatkan oleh adanya kiriman air dari Kecamatan Konang. Banjir di daerah Blega ini biasanya menggenangi jalan raya dan mengganggu lalu lintas. Sementara di Kecamatan Arosbaya, banjir terjadi selain karena curah hujan yang tinggi, juga karena ada kiriman air dari Kecamatan Gegger.

Selain itu, di antara penyebab banjir adalah tersumbatnya saluran air oleh sampah yang dibuang secara sembarangan oleh masyarakat. Perilaku masyarakat ini yang dapat memicu terjadinya banjir.

“Kalau masalah infrastruktur maka harus seimbang dengan perilaku masyarakat sekitar.  Karena jelas waktu saya monitoring ke desa Blega sudah banyak sekali drainase di Pasar Blega itu sudah tidak berfungsi akibat tersumbat oleh tumpukan sampah. Itu akibat perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Jadi percuma jika pemerintah memperbaiki  segala macam jika masyarakat tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Karena dalam penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja tapi orang orang yang ada di wilayahnya lebih paham kondisi dan situasi di daerah yang rawan akan bencana. (km50/pai)

Komentar

News Feed