oleh

Waspadai Covid-19, Ansor Dungkek Lakukan Penyemprotan Disinfektan secara Maraton

Kabarmadura.id, Sumenep – Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan di masjid-masjid, surau serta pondok pesantren. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah nyata berpartisipasi dalam mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Bersama Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) serta Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Dungkek, kegiatan tersebut dilaksanakan secara maraton selama dua hari, Jumat-Sabtu (27-28/3).

Kepala Satuan Koordinator Rayon (Satkoryon) Banser Ansor Dungkek Komandan Imam Najmi mengatakan, beberapa hari sebelum kegiatan tersebut berlangsung, terlebih dahulu dihentuk satuan petugas

(Satgas) yang diberi nama Ansor Peduli Covid-19. Itu sebagai tindak lanjut dari instruksi langsung dari Pimpinan Pusat GP Ansor. Kemudian PAC GP Ansor menjalankan instruksi tersebut, termasuk PC GP Ansor Kabupaten Sumenep.

Imam Najmi mengimbau kepada umat Islam, dengan adanya wabah ini, agar semakin mendekatkan diri dan memperbanyak ibadah, doa dan zikir kepada Allah SWT. Juga memperbanyak taubat atas kesalahan dan dosa-dosa.

“Bagi imam-imam masjid untuk tetap mengumandangkan Qunut Nazilah di setiap waktu salat 5 waktu, dan doa ba’da salat dengan doa-doa tolak bala’ serta memohon perlindungan kepada Allah SWT,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama berperan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang sedang mewabah ini, dengan senantiasa mengikuti protokol kesehatan yang diimbaukan oleh pemerintah.

“Imbauan kami, mari dengarkan statemen-statemen para ahli. Jangan sampai kita terpengaruh oleh informasi di media sosial (medsos) yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menyimpulkan kebenaran tersebut dan asal sumbernya,” imbaunya.

Kemudian, efek virus corona ini menimpa saudara-saudara yang kurang beruntung, maka bagi umat Islam yang diberikan rezeki lebih oleh Allah SWT untuk saling membantu meringankan beban mereka. Karena mereka sudah resah dengan adanya wabah ditambah lagi dengan keresahan ekonomi.

“Mungkin dengan sedikit bantuan kita dengan saling bahu membahu, dapat meringankan keresahan dan beban saudara-saudara kita yang dalam kekurangan. Rasulullah sendiri mengatakan bahwa sedekah adalah menolak dari bala bencana,” katanya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kecamatan Dungkek Moh. Syarwini saat penyemprotan di Pondok Pesantren Anwarul Abror Desa Jadung Kecamatan Dungkek, mengatakan selain di pondok pesantren juga dilakukan penyemprotan di beberapa masjid lainnya.

“Masjid Agung Al-Ikhlas Dungkek, Taufik Jamal, Masjid Mahwil Ummiyah, Masjid Ar-Ridlwan , Masjid Jadung, Ponpes Anwarul Abror menjadi bidikan dari aksi kemanusiaan ini,” kata pria yang juga anggota PPK Dungkek itu. (nam)

Komentar

News Feed