oleh

WBP Penerima Asimilasi di Rutan Kelas II B Sampang Lebihi Kouta

Kabarmadura.id/Sampang-Jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sampang, yang mendapatkan program asimilasi terus bertambah. Bahkan jumlah WBP yang mendapatkan asimilasi dinyatakan melebihi kuota yang ditetapkan.

Pelaksana Harian (Plh) Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Sampang Siti Rohima mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyisiran pada jumlah WBP yang berhak mendapatkan program asimilasi.

Bahkan menurutnya, penyisiran WBP yang berhak mendapat asimilasi akan dilakukan hingga akhir tahun. Hal itu dilakukan lantaran jumlah WBP di Rutan Klas II B Sampang yang sampai saat ini masih overload.

“Jumlah WBP di Rutan Kelas II B Sampang lebih dari 300, adapun Kouta hanya dapat 61 WBP yang keluar bersyarat,” ungkapnya, Rabu (22/4/2020).

Dirinya menuturkan, saat ini jumlah WBP yang sudah mendapatkan asimilasi di Rutan Klas II B Sampang mencapai 52 orang. Jumlah itu, didominasi oleh kasus narkoba dan pencurian.

“Kasus narkoba 23 orang dan kasus pencurian 16 orang, adapun sisanya senjata tajam dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” imbuhnya.

Dirinya mengungkapkan, berdasarkan surat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, Rutan Kelas II B Sampang mendapat kouta asimilasi 61 orang WBP. Namun pihaknya mengaku, jumlah WBP yang akan mendapatkan asimilasi melebihi kuota itu.

Terlebih, dalam waktu dekat akan mamasuki bulan ramadlan. Dimana nanti pada hari raya idul fitri, akan ada asimilasi kembali untuk WBP. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan penyisiran terhadap penghuni rutan yang memenuhi syarat mendapatkan asimilasi.

“Penyisiran WBP untuk mendapat program asimilasi ini akan terus dilakukan hingga akhir tahun, apalagi nanti saat mau lebaran akan banyak WBP yang keluar dengan bersyarat itu,” pungkasnya. (mal/pin)

Komentar

News Feed