oleh

Winger Asing Madura United Selalu Terngiang Debut Gemilang

Kabarmadura.id-Musim 2020, Madura United mencoba keberuntungan dengan menghadirkan tiga pemain asing debutan di persepakbolaan Indonesia. Tim yang berbasis di Pulau Garam itu hanya mempertahankan bek asing berpaspor Brasil Jaimerson Xavier yang membela tim tersebut sejak musim 2019, setelah didatangkan dari Persija Jakarta.

Dari tiga pemain asing debutan, salah satunya bernama Emmanuel Oti Essigba yang berposisi sebagai winger. Namun, dia pernah bermain sebagai target man ketika membela Tim Nasional Ghana U17.

Bersama tim berjuluK Laskar Sape kerrab ini, Oti sering diplot sebagai penyerang sayap. Dia melakoni debut bersama Slamet Nurcahyo dan kolega ketika Madura United menjalani pekan pertama Kompetisi Liga 1 2020.

Saat itu, Madura United ditantang Barito Putera yang diperkuat mantan strikernya Aleksandar Rakic di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, 29 Februari 2020.

Akan tetapi, lini serang Madura United lebih garang di laga pekan pertama waktu itu. Tak ayal, skuad arahan Rahmad Darmawan menundukkan Barito Putera 4 gol tanpa balas, yang masing-masing diceploskan Jaimerson Xavier dan sepasang gol dari aksi Alberto Goncalves.

Kendati tidak membukukan sebiji gol, Oti mampu mencatatkan statistik impresif. Dia menjadi dalang atas dua gol yang tercipta oleh kaki Bruno dan sundulan Beto-sapaan familiar dari Alberto Goncalves.

Lewat sepasang assistnya mampu membius suporter yang melorengkan SGMRP Pamekasan waktu itu. Ditambah lagi, dia mampu beratraksi lewat skill tinggi dan kecepatannya menggiring bola. Dia pun dijuluki ‘The Rocket’.

“Jika ditanya yang paling berkesan di beberapa pertandingan yang saya lalui bersama Madura United, itu yang pertandingan Liga 1 pertama. Saya diberi kepercayaan untuk bermain oleh pelatih. Saya sumbangkan 2 assist. Nama saya disebut-sebut dari tribun. Itu yang sangat saya rindukan,” cerita Oti kepada Kabar Madura, Senin (1/6/2020) pagi.

Sebelum itu, winger bernomor punggung 11 di Madura United ini sudah tampil sekilas di Piala Gubernur Jawa Timur (PG Jatim) 2020. Selain itu, juga merumput di satu laga pada tour Malaysia saat melawan Johor Darul Takzim (JDT) FC Malaysia akhir Bulan Januari 2020. (idy/nam)

Komentar

News Feed