Wisata Kampung Batik Klampar Butuh Kejelasan Regulasi

(FOTO: KM/ALI WAFA) POTENSIAL: Desa Klampar dinilai sebagai daerah wisata budaya yang potensial, karena di dalamnya terdapat banyak pengrajin dan pelaku UMKM batik.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah mengisi kekosongan pimpinan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan. Karena itu, sejumlah pihak berharap sektor wisata di Pamekasan semakin maju dan berkembang.

Pakar Muda Pariwisata Madura, A. Faidlal Rahman menilai, Pamekasan memiliki potensi wisata yang besar. Bahkan menurutnya, banyak potensi wisata di Pamekasan yang belum terkelola dengan baik. Salah satunya yaitu wisata batik..

Pamekasan memiliki potensi batik yang besar. Bahkan batik karya tangan warga Pamekasan dikenal hingga ke mancanegara. Salah satu daerah penghasil batik yaitu Desa Klampar, Kecamatan Proppo. Menurutnya, Desa Klampar layak menjadi destinasi wisata batik.

Bacaan Lainnya

“Semua potensi di Pamekasan harus di-capture dan diangkat sebagai sebuah kekuatan Pamekasan untuk mempercepat pembangunan pariwisata,” ucap dosen Pariwisata dan Perhotelan Universitas Brawijaya (UB) Malang itu.

Ia mengungkapkan, eksistensi Desa Klampar sebagai wisata batik perlu ditegaskan dengan regulasi. Selain itu, ia menilai untuk mendorong kemajuan wisata batik, pengelolaannya mesti diserahkan pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Ketika sudah memiliki legalitas, maka perlu disiapkan master plan pengembangan Klampar sebagai destinasi wisata berbasis batik,” ujar Direktur Nusantara Tourism Center tersebut.

Sementara itu, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Wardatus Sarifah menilai usulan tersebut baik. Kebetulan pihaknya saat ini tengah membahas rancangan peraturan daerah (raperda) tentang rencana induk pengembangan pariwisata kabupaten.

“Mungkin itu nanti jika disetujui oleh semua anggota dewan bisa dimasukkan ke zona-zona wisata pembuatan batik,” ucap politisi Partai Nasdem itu.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan