oleh

Wisata Mangrove Bangkitkan Ekonomi Warga

KABARMADURA.ID – Pengembangkan wisata menjadi salah satu cara untuk menjadikan warga mandiri secara ekonomi. Sehingga nantinya warga desa bisa lebih mapan dan sejahtera.

HELMI YAHYA, BANGKALAN

Kesadaran dan pengetahuan warga tentang pariwisata dan pendidikan masih belum.merata. Bahkan tak jarang masih banyak warga yang tidak tahu caranya memanfaatkan  potensi desa, agar menjadi desa yang maju dan berkembang.

Beda halnya dengan masyarakat Desa Labuhan, Kecamatan Sepuluh yang sejak awal telah memiliki iklim.pariwisata pantai dan mangrove. Sebab, sebelum bermunculan wisata pantai lainnya, taman edukasi mangrove sudah berdiri dan telah banyak dikunjungi wisatawan. ”Kami jadi salah satu yang pertama, memiliki ikon wisata pantai yang lengkap dengan mangrovenya, kata Supriyadi selaku kepala Desa Labuhan.

Dukungan dari pihak ketiga juga menjadi dorongan kuat agar penduduk mau dan sadar untuk belajar mengelola wisata. Sehingga pada tahun 2020 lalu Taman Mangrove dikunjungi banyak wisatawan. Sebab itulah, warga setempat juga berhasil memanfaatkannya sebagai ladang sumber ekonomi keluarga. ”Dulu banyak sekali warga yang berjualan, karena untungnya sangat lumayan, sehingga mereka tergiur dan ikut bergabung,” ulasnya.

Bahkan, setelah wisata itu menjadi ramai dikunjungi, warga menawarkan makanan khas Desa yang kemudian menjadi nilai tambah menjadi wisata kuliner di kawasan itu. Warga mengenalkan soto buambuh, yang berasal dari jenis ikan tongkol yang tampilan sajiannya lebih mirip soto ayam. ”Kala itu, warga sadar dan merasa saling memiliki, karena mereka merasa terlibat dan merasakan manfaatnya,” tuturnya.

Menurut Supriyadi, pengembangan sektor wisata akan maju pesat jika pengelolaannya tepat. Apalagi jika warga setempat sudah merasa harus ikut andil. Sehingga kemandirian ekonomi warga desa semakin meningkat. ”Saya masih berupaya untuk menghidupkan kembali, dan akan bersaing nantinya dengan wisata lainnya,” pungkasnya. (km59/maf)

Komentar

News Feed