oleh

Wisata Swasta Belum Mampu Menaikkan PAD

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  – Sejumlah tempat wisata di Pamekasan yang dikelola pihak swasta tidak banyak menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor retribusi usaha maupun pajak usaha.

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) melalui Kepala Bidang Pariwisata, Poni Indrayani menuturkan  bahwa dari sejumlah tempat wisata di Pamekasan, hanya terdapat empat tempat wisata yang berkontribusi terhadap PAD.

Empat destinasi wisata itu yaitu: Pantai Jumiang, Pantai Talang Siring, Ekowisata Mangrove Lembung dan Wisata Api Tak Kunjung Padam. Khusus wisata Api Tak Kunjung Padam, Poni Indrayani menyampaikan bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti apakah rutin menyetorkan PAD.

Poni Indrayani mengklaim, pihaknya bisa saja menerima sumber PAD dari banyak tempat wisata di Pamekasan. Namun, pihaknya harus mengikatnya terlebih dahulu dengan perjanjian kontrak atau memorandum of understanding (MoU) dengan pihak pengelola.

“Kami sudah berusaha mendatangi tempat-tempat wisata yang swasta melalui pengelolanya untuk MoU,” ungkapnya.

Di lain pihak, Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Khairul Umam mengaku akan memanggil Disporapar terkait hal itu. Pihaknya akan meminta Disporapar agar melakukan optimalisasi MoU dengan sejumlah destinasi wisata.

Sebab menurutnya, perlu spirit keseimbangan dan saling menguntungkan antara Pemkab Pamekasan dengan pihak pengelola tempat wisata.

“Jika pemilik wisata diharuskan membayarkan PAD, maka Pemkab harus bisa memberikan keuntungan lain kepada mereka. Kepekaan ini belum ada pada Dinas pengelola Wisata di Pamekasan,” tegas Umam.

Di Kabupaten Pamekasan memiliki cukup banyak destinasi wisata yang tidak memiliki ikatan kontrak untuk bisa menyumbangkan PAD Pamekasan, di antaranya yaitu: Bukit Brukoh dan Wisata Sawah di Desa Bajang Kecamatan Pakong, Bukit Kehi di Desa Kertagena Daya, Wisata Puncak Ratu di Desa Tebul Barat Kecamatan Pegantenan dan masih banyak lainnya. (ali/bri)

 

 

Komentar

News Feed