oleh

Year on Year Investasi di Pamekasan Turun Drastis

Kabarmadura.id/Pamekasan-Iklim Investasi di Pamekasan tahun 2020 mengalami pelambatan sangat besar dibanding data tahun tahun lalu.

Data year on year  pada April 2020 dengan April 2019, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Pamekasan, Agus Mulyadi, terjadi penurunan sangat besar hingga 80 persen dari April tahun lalu.

“Dari Januari hingga April 2020, penurunannya dari 70 hingga 80 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ungkapnya.

Melambatnya dunia investasi di Pamekasan tahun 2020, diakui Agus, peranan terbesarnya dipengaruhi dengan status siaga darurat Covid-19. Penerapan kerja di rumah dan pembatasan jarak fisik.

Wabah penyakit global itu menyurutkan nilai investasi pada tahun ini jika dibandingkan tahun 2019, baik dari sisi produksi barang ataupun dari penerimaan keuntungannya.

Bahkan, Agus menguraikan bahwa selama masa wabah yang status siaga daruratnya ditetapkan pada 22 Maret lalu, menyebabkan beberapa tempat usaha tutup dan ditutup sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai Covid-19.

“Semua dunia usaha itu mengalami stagnan, mengalami penurunan, baik dari sisi keuntungan maupun dari produksi barangnya,”ujarnya.

Secara target, tahun 2020 ini sejatinya investasi di Pamekasan ditarget pada angka Rp2,3 triliun. Target tersebut lebih tinggi dari tahun sebelumnya di tahun 2019 yang ditarget Rp2,1 triliun.

Kenaikan target investasi setiap tahun, sejatinya terus naik, pada tahun 2018, Pemkab Pamekasan menargetkan sebesar Rp2,01 triliun dana investasi yang bisa masuk ke Pamekasan.

Kondisi yang masih dalam status siaga darurat Covid-19, diakui Agus,  tidak menjadikan pihaknya lalai dalam melayani perizinan investasi. Namun hingga kini, DPMTSP Pamekasan tetap melayani proses perizinan melalui daring sepanjang pengajuan izin sesuai dengan regulasi yang ada, dan prosesnya dilakukan secara online.

“Kami tetap akan melayani perizinan, yang disetorkan oleh calon-calon investor baik yang dari luar maupun yang dari dalam daerah sendiri,”pungkasnya. (rul/bri/waw)

Komentar

News Feed