oleh

YMM Ingin Bangun SDM 4.0

Kabarmadura.id/SUMENEP-Yayasan Millenial Madura (YMM) yang dimotori oleh Donny M Siradj, resmi dilaunching pada Jumat (8/11) di Sumenep. YMM sendiri bergerak di berbagai bidang, dalam rangka ikut serta membangun Sumenep.

Pada launching YMM, hadir sejumlah tokoh penting di Sumenep, seperti Moh Ali Fikri A Warits, beserta beberapa tokoh lainnya. Bahkan, diluncurkannya YMM sudah mendapatkan restu dari sejumlah pengasuh pesantren di Sumenep, seperti KH Taufiqurrahman FM, pengasuh Pondok Pesantren Mathlabul Ulum Desa Jambu, KH Muqsit Idris salah satu pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah, KH Fauzi Tidjani pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH Taifur Ali Wafa pengasuh Pondok Pesantren As Sadad.

Berdirinya YMM mempunyai misi, untuk berkontribusi membangun Sumber Daya Manusia (SDM) 4.0 yang berkualitas, sejalan dengan visi pemerintah saat ini. Selain itu, juga concern pada bidang keagamaan, sosial Ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

Pasalnya, pekerjaan dan perjalanan Donny M Siradj, putra daerah Sumenep berkeliling daerah, baik dalam dan luar negeri selama 14 tahun, menjadi pemicu semangat untuk berbagi dengan tanah leluhurnya di Bumi Sumekar.

“Semangat itu diwujudkan dengan didirikannya YMM ini,” tuturnya.

Dikatakan, YMM yang mempunyai tagline ‘Toron Yuk, Membangun Sumenep’, akan menjalin kerjasama dengan stakeholders utama di Sumenep, yaitu dengan pesantren-pesantren membangun konsep pemberdayaan produktif ekonomi keummatan dengan memanfaatkan somber pendanaan zakat infak sedekah dan wakaf, contohnya program smart agriculture dan smart fisheries.

“YMM akan menjembatani pendirian Rumah Siap Kerja untuk kaum muda agar memiliki keahlian berwirausaha atau sebelum memasuki dunia kerja,” ungkapnya.

Sementara khusus bidang pendidikan, YMM sudah merancang pembelajaran terbuka berbasis elektronik (elearning), untuk pemerataan pendidikan di daerah kepulauan atau pesisir. Termasuk juga, akan merancang program kesehatan masyarakat berkelanjutan.

“Visi besar dari program-program prioritas tersebut bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kualitas SDM 4.0. Untuk mencapai visi tersebut YMM berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan sudah didukung sejumlah kiai dan masyayich,” pungkasnya. (ong)

Komentar

News Feed