oleh

Yuni, Dosen UNIBA Madura Piawai Berbahasa Inggris dari Menonton Harry Potter

Kabarmadura.id/Sumenep-Kegemaran menonton film barat yang dimiliki perempuan asal Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Pamekasan Yuni Putri Utami membawa berkah tersendiri dalam dunia kerjanya. Hobinya itu membaqa Yuni menjadi dosen Bahasa Inggris Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura.

SYAHID MUJTAHIDY, SUMENEP

Sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD), Yuni mengakui sudah suka menonton film barat. Sejak itu juga dia mulai menekuni Bahasa Inggris.

Perempuan kelahiran Pamekasan, 10 Juni 1990 ini sejak berusia 11 tahun (2001) sudah ikut kursus Bahasa Inggris di Intensive English Course hingga tahun 2008. Pada tahun 2003, dia juga ikut pelatihan Superior English Day.

Menekuni Bahasa Inggris itu, Yuni lakukan hingga keluar dari sekolah menengah atas (SMA). Lalu, dia melanjutkan kuliah ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan mengambil Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Begitu juga dengan Strata 2 (S2) di kampus yang sama, Dosen UNIBA Madura ini mengambil jurusan yang linier dengan S1-nya. Pada Januari 2019, Yuni lulus sebagai Magister Pendidikan Bahasa Inggris di UNY.

“Saya sebenarnya sejak kecil sudah suka belajar bahasa asing dan nonton film barat. Film kesukaan saya itu Harry Potter. Iya, dari itu, saya hingga kuliah terus menekuni Bahasa Inggris,” ceritanya kepada Kabar Madura, Minggu (19/7/2020) pagi.

Baru pada Agustus 2019, Yuni diterima sebagai Dosen UNIBA Madura. Dia mengajar English 1-5, English Elementary, Presentation in English, English Writing, dan TOEFL.

Selain menjadi dosen di UNIBA Madura, dia juga memiliki kesibukan menerjemahkan jurnal nasional dan internasional, abstrak, serta review dan pembaca ulang jurnal.

Sebelum mengajar di UNIBA Madura, Yuni juga sudah pernah mengajar di Institut Prima Bakti (IPB) Pamekasan (Maret-November 2008), Sekolah Menengah Atas (SMA) Piri I Yogyakarta (2012), Fun English Club (FEC) Fakultas Bahasa dan Seni UNY, dan sebagainya.

“Sejak sekolah dan kuliah saya juga sambil mengajar. Usai lulus S2, saya langsung jadi dosen dan lebih enjoy, karena sudah terbiasa mengajar,” pungkasnya. (nam)

Komentar

News Feed